“Sumer Payung” Terminal Penumpang Terbaik Nasional

oleh -15 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (29/04)

H Burhan SH MH, Ketua Tim Kuasa hukum  Pemda Sumbawa
H Burhan SH MH, Kadishubkominfo 

Penghargaan nasional kembali ditorehkan daerah ini. Belum lama meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Tahun 2013 lalu sebagai salah satu daerah tertib berlalulintas, kini Tahun 2014 mendapat penghargaan yang tak jauh prestisiusnya. Adalah penghargaan dari Dirjen Perhubungan Darat Kemententerian Perhubungan Republik Indonesia untuk Terminal Sumer Payung dalam katagori kota besar sebagai wahana tata laksana terminal penumpang terbaik kedua nasional. “Penghargaan nasional ini diumumkan secara langsung di Kota Batam Kepulauan Riau,” ungkap Kadishubkominfo Kabupaten Sumbawa, H Burhan SH MH di ruang kerjanya, Senin (28/4).

amdal

Burhan mengaku mengetahui kabar gembira ini saat mengikuti rapat koordinasi teknis terminal penumpang angkutan jalan yang diikuti seluruh utusan 33 propinsi se Indonesia yang berlangsung pada 23 April lalu. Dirjen Perhubungan Darat Drs Soeroyo Alimoeso langsung menyerahkan penghargaan bergengsi tersebut kepada 27 terminal kabupaten/kota/propinsi yang dibagi dalam tiga katagori yakni kota metropolitan diraih terminal Rawangun Jakarta Timur dan terminal Rajabasa Bandar Lampung. Katagori kota besar diraih terminal S Kunjang Kota Samarinda dan Terminal Sumer Payung Kabupaten Sumbawa-NTB. Sementara untuk katagori kota sedang diraih terminal Purboyo Madiun dan terminal Tangkoko Matuari Kota Bitung Sulawesi Utara. “Penghargaan Wahana Tata Laksana Terminal penumpang ini diraih setelah melalui proses kegiatan penilaian kinerja operasional terminal, sumberdaya pengelola terminal dan kebersihan terminal yang dilakukan oleh tim dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Tahun 2013 lalu, dan salah satu aspek penilaian terpenting adalah menyangkut kebersihan terminal, dimana Bupati Sumbawa sejak lama memprogramkan kebersihan lingkungan termasuk terminal dan pasar dengan memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik, dan inilah hasil kerja keras yang telah dilakukan selama ini,” tukas Haji Burhan akrab Kadishubkominfo disapa.

Baca Juga  Sumbawa Bisa Menjadi Produsen Keju Mozzarela

Ada enam poin penting dari Dirjen Perhubungan Darat yang harus dilaksanakan oleh Pemda Sumbawa terkait dengan pembenahan Terminal Sumer Payung Karang Dima Kecamatan Labuan Badas ini. Yaitu adanya peningkatan kompetensi petugas terminal melalui kegiatan diklat/pelatihan, penambahan fasilitas laktasi dan penyandang cacat, perkerasan jalan di jalur kedatangan dan keberangkatan, perbaikan bangunan terminal terutama plafon di ruang tunggu penumpang, toilet dan tempat ibadah, dan kebersihan terminal. Untuk pembenahan sejumlah infrastruktur dan fasilitas penunjang terminal Sumer Payung direncanakan Tahun 2015 mendatang. (*)

iklan bapenda