Semua Parpol di Sumbawa ‘Selamat’

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (26/04)

Syukri Rahmat, S.Ag-Ketua KPU Sumbawa
Syukri Rahmat, S.Ag-Ketua KPU Sumbawa

Laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Partai Politik (parpol), telah dilaporkan kepada KPU Kabupaten Sumbawa, menjelang berakhirnya batas waktu, 24 April lalu.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag yang ditemui Jumat (25/4) mengatakan, penyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Parpol, sesuai amanat Peraturan KPU No. 01 Tahun 2014, sebagai perubahan atas keputusan KPU No. 17 Tahun 2013, tentang Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD. “Semua parpol peserta pemilu di Kabupaten Sumbawa telah menyerahkan laporan dana kampanyennya,” kata Syukri.

Jika laporannya belum lengkap, KPU masih memberikan kesempatan kepada Parpol untuk melakukan penyempurnaan selama 5 hari ke depan.

Semangat dan keharusan dalam menyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Parpol, jelas Syukri, dalam rangka mewujudkan tata kelola pelaporan dana kampanye yang akuntabel, transparan dan legal, sesuai amanat UU maupun peraturan KPU.

Selain itu sambung Syukri, laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye Parpol itu akan berimbas terhadap caleg itu sendiri. Sebab bagi mereka yang dinyatakan sudah memenuhi syarat suara untuk memperoleh kursi, tapi tidak menyampaikan laporan dana kampanyenya maka akan dikenakan sanksi yaitu dibatalkan sebagai calon terpilih.

Ditanya partai mana yang mengeluarkan dana kampanye paling banyak atau paling sedikit, Syukri mengaku belum melakukan perhitungan karena baru menerima laporan. “Kami belum melakukan perhitungan atau pemeriksaan terhadap laporan itu, sehingga belum diketahui partai mana yang paling banyak maupun paling sedikit mengeluarkan dana kampanyenya,” aku komisioner santun ini.

Baca Juga  DPRD NTB Sahkan Dua Perda Prakarsa Eksekutif

Sementara terkait penetapan dan pengumunan caleg terpilih, akan dilakukan pada 11 Mei 2014. Sementara untuk pengangkatan sumpah atau pelantikannya digelar Agustus 2014 mendatang. (Gac)

iklan bapenda