Tahun ini Tunggakan Tunjangan Profesi 2012 Dituntaskan

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/4)

Sudirman Malik, S.Pd
Sudirman Malik, S.Pd

Meski audit Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) sudah selesai, namun pembayaran atas tunggakan pembayaran tunjangan profesi Tahun 2012 masih belum jelas. Hingga kemarin, belum ada kepastian kapan tunggakan pembayaran Bulan November dan Desember itu akan dibayarkan.

amdal

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sudirman Malik S.Pd yang ditemui Rabu (23/4), mengakui laporan hasil audit BPKP atas tunggakan pembayaran tunjangan profesi Tahun 2012 sudah diterima Kemendikbud. Secara nasional kata dia, sebanyak Rp 6,6 triliun dana tersebut mengendap di kas daerah. Bahkan di daerah-daerah tertentu ditemukan masih ada tunggakan sebesar Rp 4,31 triliun di luar dari Rp 6,6 triliun.

Meski belum jelas bulan berapa tunggakan tunjangan profesi Tahun 2012 ini dibayarkan, namun yang jelas akan dituntaskan pada tahun ini juga.

Khusus Kabupaten Sumbawa lanjutnya, jumlah dana mengendap di kas daerah mencapai Rp 16,116 miliar. Sementara yang akan dibayarkan hanya Rp 12,9 miliar untuk 2.104 orang meliputi 254 guru PAUDNI dengan total Rp 338 juta, Dikdas 1.519 orang Rp 10,12 miliar, dan Dikmen 331 orang Rp 1,9 miliar.

“Kami minta guru bisa bersabar karena tunjangan atau kekurangan dua bulan itu tetap dibayar. Saat ini Kemendikbud masih terfokus pada realisasi triwulan pertama, dan kemungkinan setelah ini pembayaran dua bulan tunggakan itu akan dituntaskan,” demikian Dirman Malik. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Perjalanan Rektor UTS: Menghargai Pencapaian dan Efisiensi Kerja (1)