H Ilham Mustami Caleg Hanura Peraih Suara Tertinggi

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/04)

H Ilham Mustami S.Ag (Hanura)
H Ilham Mustami S.Ag (Hanura)

DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) pada Pemilu Legislatif 2014 ini mendapat tiga kesuksesan. Adalah menjadi partai politik dengan perolehan suara terbanyak, dan raihan kursi yang dapat menempatkan satu wakilnya menjadi pimpinan DPRD Sumbawa.

Yang paling prestisius lagi adalah memiliki Caleg potensial dengan raihan suara tertinggi di Kabupaten Sumbawa. Caleg tersebut adalah H Ilham Mustami S.Ag M.Si. Putra kelahiran Kecamatan Maronge 46 tahun silam ini memperoleh suara pribadi mencapai angka 4.009 di daerah pemilihan (Dapil) 1 Sumbawa meliputi wilayah Kecamatan Tarano, Empang, Plampang, Maronge dan Labangka. Dengan raihan suara tertinggi se Kabupaten Sumbawa ini, tokoh yang konsen melestarikan budaya “Barapan Kebo” siap mengemban lebih besar amanat dari rakyat. Bahkan dia digadang menjadi salah satu pimpinan gedung parlemen yang berlokasi di KM 5 Jalan Lintas Sumbawa—Bima.

Ditemui Gaung NTB kemarin, Haji Ilham—akrab Ia disapa, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan amanat dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Prestasi ini dicapai berkat komunikasi dan tali silaturrahim yang tiada henti kepada orang yang telah memilihnya sekaligus menitipkan aspirasi untuk diperjuangkan melalui DPRD Sumbawa. “Ini amanah yang harus saya dan Partai Hanura perjuangkan. Bagi saya

bagaimana melayani masyarakat dengan ikhlas. Dengan system politik botton up, saatnya melayani bukan dilayani,” ujar Haji Ilham yang masih menjabat sebagai Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbawa.

Baca Juga  Rapat Pleno KPU Sumbawa, HUSNI MO Raih Suara Terbanyak

Faktor lain yang berkontribusi bagi kemenangannya secara mutlak, lanjut Haji Ilham, adalah posisi Hanura sebagai partai pemerintah di Kabupaten Sumbawa yang dinilai masyarakat berhasil dalam memimpin daerah. Hal ini berdampak para perolehan suara Hanura dengan partai suara terbanyak berdasarkan pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Sumbawa.

Namun demikian, kesuksesan tersebut diikuti dengan kian beratnya amanat yang mesti diemban. Apalagi selama masa sosialisasi dan kampanye, dirinya tidak pernah mencari suara, tetapi mencari keluarga, sahabat dan handai taulan. Ketika banyak teman, maka akan banyak suara. “Ini yang saya pegang dan amanat ini yang saya emban. Saya memohon kepada konstituen mendoakan dan mengoreksi saya bila dalam mengemban amanat melakukan kesalahan,” tandas mantan aktivis PMII Yogyakarta ini.

Perolehan suara pribadinya yang tinggi berbanding lurus dengan perolehan suara Hanura di Dapil I yang mencapai 7.515 suara. Bahkan total secara keseluruhan di Kabupaten Sumbawa, Hanura menjadi partai pemenang dengan total suara 33.173, meski dari sisi perolehan kursi di DPRD berada di posisi ketiga.

Disinggung soal kansnya menjadi salah satu Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Haji Ilham menyatakan tidak ingin melangkahi mekanisme partai. “Semua saya serahkan kepada kebijakan internal partai,” demikian wakil rakyat ramah ini. (*)

iklan bapenda