Home / Politik / Rekapitulasi di Sumbawa Aman dan Tercepat
samawarea.com

Rekapitulasi di Sumbawa Aman dan Tercepat

Sumbawa Besar, SR (21/04)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, berhasil menuntaskan proses rekapitulasi penghitungan suara DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi NTB, DPD dan DPR RI tingkat Kabupaten Sumbawa, Minggu (20/4) sekitar pukul 17.00 Wita. Rekapitulasi yang dijadwalkan selama tiga hari (19—21 April 2014) diselesaikan hanya dalam waktu dua hari, dalam kondisi aman dan lancar. Proses rekapitulasi di Kabupaten Sumbawa ini terbilang tercepat jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di NTB. “Ahamdulillah kita yang pertama selesai dibandingkan kabupaten/kota lainnya di NTB. Dan berjalan aman dan lancar,” kata Sudirman S.Ip—Anggota KPU Kabupaten Sumbawa yang ditemui usai rekapitulasi di Gedung Wanita Sumbawa.

Kondisi ini tercipta hasil dari kerjasama penyelenggara pemilu baik tingkat KPPS, PPK maupun KPU dalam mengawal proses pesta demokrasi di Tana Samawa. Selain itu dukungan dari pemerintah daerah, partai politik, Panwas, dan jajarannya yang mengawasi proses pelaksanaan pemilu dari bawah sampai proses teratas, sehingga rekapitulasi penghitungan suara di semua tahapan berjalan dengan lancar. Pesta demokrasi ini juga berjalan dengan baik, berkat dukungan maksimal dan partisipasi masyarakat, dan dukungan pihak keamanan dalam memberikan rasa aman kepada penyelenggara pemilu dalam setiap melaksanakan tugas di tiap tingkatan, sehingga dengan leluasa melaksanakan amanahnya secara independen tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Demikian dengan para caleg yang telah berkomitmen untuk siap kalah dan siap menang. “Semoga ini menjadi pelajaran yang berharga bagi penyelenggaraan pemilu di masa yang akan datang,” demikian komisioner KPU tiga periode ini. (*)

Lihat Juga

Jelang Akhir Coklit, Ini Temuan Bawaslu Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/8/2020) Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih oleh KPU Sumbawa akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *