SMKN 1 Sumbawa Gelar Uji Kompetensi Keahlian

oleh -1 views
Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMKN 1 Sumbawa
bankntb

Khairul Amal: UKK Penentu Nilai Ujian

Sumbawa Besar, SR  (14/4)

amdal
Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)  SMKN 1 Sumbawa
Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) SMKN 1 Sumbawa

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) menjadi salah satu penentu kelulusan siswa pada Ujian Nasional (UN). Sebab 70 persen nilai kelulusan tersebut 70 persennya dari hasil UKK. Selain itu UKK juga merupakan penilaian akhir dari unjuk kerja khusus Kelas XII Tahun Pelajaran 2013/2014. Inilah yang tengah digelar SMK Negeri 1 Sumbawa di Cafetaria lingkup sekolah setempat, belum lama ini. Presentasi UKK ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa yang diwakili Sekretarisnya, Kabid di Dinas Diknas setempat, Ketua Komite, sejumlah Kasek dan dunia usaha dan dunia industri (DU–DI) sebagai mitra serta para tamu undangan lainnya.

Kegiatan itu berlangsung lancar dan cukup meriah. Karena di dalamnya ditampilkan atraksi atau keahlian yang dipersembahkan masing-masing program studi setempat, yaitu penyajian makanan (Tata Boga), penataan (Kecantikan), peragaan (Busana), perhotelan (Pelayanan), dan Tehnik Informasi (Komputer).

Kepala SMK Negeri 1 Sumbawa, Drs Khairul Amal menjelaskan, bahwa kegiatan UKK ini merupakan hal yang sangat penting terutama bagi siswa karena nilai atau hasil presentasi uji kompetensi ini menjadi penentu kelulusan pada ujian mendatang.

UKK pada Tahun 2014 ini, sebutnya, diikuti 215 siswa yang juga sebagai peserta ujian nasional.

Secara umum kata Amal–akrab pria ramah ini disapa, UKK kali ini cenderung meningkat dari segi kreatif siswa karena telah menyiapkan segalanya lebih teliti, tepat dan cermat. “Jika kegiatan UKK tahun lalu hanya didokumentasikan menggunakan rekaman video, namun pada tahun ini dibuat secara langsung dan nyata,” ujarnya. Hal ini dimaksudkan agar seluruh kreativitas dan kompetensi siswa yang mengikuti UKK dapat terlihat lebih jelas terutama oleh dunia usaha dan dunia industry. “Jadi dengan ditampilkannya secara langsung, membuat dunia usaha dan industry tidak ragu dengan kemampuan siswa,” kata Amal.

Baca Juga  Mulai November, Guru dan Siswa Wajib Pakai Seragam Pramuka

Sementara itu, Kepala Dinas Diknas Sumbawa, Sudirman Malik S.Pd diwakili Sekretaris Dinas Diknas setempat, Drs Abu Bakar, memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan para siswa demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Ia berharap sekolah kejuruan lainnya dapat menggelar hal serupa sehingga kompetensi siswa yang diperoleh selama mengenyam pendidikan di sekolah itu dapat terpapar dengan jelas. “Di Kabupaten Sumbawa ini ada 10 SMK Negeri dan 6 SMK swasta, jadi UKK ini sangat penting, agar jebolan dari sekolah itu dapat menggunakan kompetensi yang dimilikinya untuk bersaing di bursa kerja atau mampu membuka lapangan kerja sendiri,” ucap Abubakar.

Dan kepada siswa SMKN 1 Sumbawa yang mengikuti UKK, Abubakar berharap mendapat nilai yang memuaskan serta lulus 100 persen pada UN tahun ini.

Di bagian lain Ketua Komite SMK Negeri 1 Sumbawa, Drs H Muhammad Jihad, menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mampu melahirkan generasi yang memiliki keahlian. “Semoga di masa mendatang anak-anak kita dapat menjadi orang yang sukses. Mari kita doakan pada ujian tahun ini mereka dapat lulus dengan sempurna,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda