Masuk PT Ditentukan 50 Persen Hasil UN

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (18/04)

Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Nasional (Dikdas) Kabupaten Sumbawa, M Ali HK S.Pd M.Pd, menyebutkan selain sebagai salah satu penentu kelulusan, 50 persen hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK tahun ini sebagai pintu masuk untuk diterima di Perguruan Tinggi (PT). “Ini berdasarkan penjelasan Rektor UNRAM, bahwa 50 persen hasil UN dijadikan salah satu syarat untuk diterima di PT, karena nilai ujian merupakan referensi murni kemampuan siswa,” kata Ali—akrab dia disapa, kemarin.

amdal

Referensi murni ini dapat diartikan karena pada ujian kali ini siswa dipastikan tidak mungkin dapat bekerjasama kendati dalam satu ruangan sekalipun, mengingat soal yang diberikan tidak sama, sehingga hasilnya adalah bibit unggul yang memang memiliki kualitas mumpuni. “Jadi melalui UN siswa bisa bersaing secara kompetitif untuk dapat diterima di PT,” tandasnya.

Disinggung pelaksanaan ujian hingga hari terakhir, Ali menambahkan tetap berjalan aman dan lancar meski ada beberapa kendala yakni sempat terjadi kekurangan soal, tapi dapat diantisipasi dengan mengambil di sekolah terdekat. Demikian dengan sejumlah siswa yang tidak mengikuti ujian karena sakit, dan beberapa yang mengikutinya di luar sekolah karena sedang diopname di RSUD Sumbawa dan tersangkut kasus pidana baik di Polres Sumbawa maupun Polres KSB. Bagi mereka yang sakit dan tidak dapat mengikuti ujian utama diberikan kesempatan mengikuti ujian susulan 22—24 April mendatang.

Baca Juga  Kopertis Wilayah NTB Segera Terbentuk

Lebih lanjut mantan Kepala SMA Negeri 2 Sumbawa ini mengatakan, seluruh Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) dikirim ke UNRAM untuk dilakukan pemindaian.

“Hasil UN SMA/MA/SMK menurut jadwal diumumkan tanggal 20 Mei 2014,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda