Pendatang Baru Rebut Dua Kursi di Dapil 2 Sumbawa

oleh -7 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (17/04)

Meski pendatang baru, namun Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berhasil mengukuhkan diri sebagai partai yang tertinggi perolehan suara di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Sumbawa meliputi Kecamatan Lape, Lopok, Moyo Hulu, Lenangguar, Ropang, Lantung, Orong Telu dan Lunyuk.

amdal

Pada Pemilu Legislatif 2014 ini, dipastikan partai besutan Surya Paloh tersebut berhasil merebut dua dari 10 kursi DPRD Sumbawa periode 2014—2019. Sedangkan 8 kursi lainnya masing-masing direbut PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP dan Hanura.

Hasil olah data Tim Litbang samawarea.com menyebutkan wakil partai yang akan mengisi 9 kursi tersebut adalah Zulkarnaen dan Edy Syafruddin (Nasdem), Salamuddin Maula (PKS), I Nyoman Wisma (PDIP), Akhmadul Kusasih (Golkar), Syarifuddin S.Pd (Gerindra), Muhammad Yasin (Demokrat), Mustajabuddin (PAN), H A Rahman HMS S.Pd (PPP) dan Ahmad Junaidi (Hanura).

Dari data ini juga terungkap siapa calon incumbent yang bakal tersingkir yaitu H Embing (PDIP), I DW Oka (Golkar), dan Risman Asikin (Demokrat).

Hasil olah data Tim Litbang ini juga menyebutkan besarnya suara partai yang diraih. Suara ini dihimpun minus (tidak termasuk) perolehan suara dari Kecamatan Ropang dan Desa Berora Kecamatan Lape.

Adalah Nasdem 7.419, PPP 6.703, PKS 6.478, Hanura 5.802, Golkar 5.155, PAN 4.744, PDIP 4.287, Gerindra 4.267, dan Demokrat 3.214 suara. Dari data ini ada tiga partai yang tidak meraih kursi yakni PKPI, dan PKB.

Baca Juga  Coblos di TPS 001 Pancor, Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Untuk memastikan raihan ini, masih menunggu hasil perhitungan suara yang diperoleh dari Kecamatan Ropang, dan satu desa (Berora) di Kecamatan Lape.

Sebelumnya H Zulkarnen–Caleg Nasdem mengaku sebagai caleg dari Partai Nasdem yang memperoleh suara tertinggi di NTB untuk DPRD kabupaten/kota pada Pemilu 2014. Caleg yang berada di Dapil 2 bernomor urut 9 ini meraih 2.745 suara. Suaranya ini disusul rekannya sesame partai Edi Syarafuddin dari Kecamatan Moyo Hulu dengan raihan 1.150 suara.

Akumulasi suara ini diketahui berdasarkan data C1 dan informasi dari para saksi. Seperti di Kecamatan Lopok Nasdem mendapat 2.500 lebih, Lape 1.500, Moyo Hulu sebanyak 2.000, Ropang dan Lantung sebanyak 350 suara, Lunyuk 200, Lenangguar 200 dan Kecamatan Orong Telu 300 suara. Bahkan menurut Toke Zul—akrab dia disapa, dari dua kursi di Dapil ini, diperkirakan Nasdem mendapat 5 kursi. Hanya di Dapil 3 Sumbawa yang tidak terisi. Dengan raihan kursi ini minimal Nasdem menjadi salah satu ketua Komisi di DPRD Sumbawa. (*)

iklan bapenda