Ricuh, Rekapitulasi Suara di PPK Rhee

oleh -0 views
bankntb

Sekelompok Massa Protes Money Politic

Sumbawa Besar, SR (15/04)

AKBP Karsiman SIK MM
AKBP Karsiman SIK MM

Puluhan massa mendatangi Kantor Kecamatan Rhee, Senin (14/4) siang. Kedatangan massa ini meminta petugas PPK setempat menghentikan proses rekapitulasi perolehan suara di wilayah tersebut karena diduga salah satu caleg melakukan money politic (politik uang). Situasi sempat mengganggu jalannya proses rekapitulasi ini yang memaksa puluhan aparat kepolisian mengamankan lokasi. Bahkan Kapolres Sumbawa AKBP Karsiman SIK MM dan Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat S.Ag ikut terjun untuk memberikan pemahaman kepada sekelompok massa tersebut. Situasi pun terkendali dan rekapitulasi kembali berjalan lancar hingga tuntas sore tadi.

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang ditemui mengakui adanya sekelompok massa yang meminta petugas PPK menghentikan rekapitulasi perolehan suara di wilayah tersebut. Kapolres mengaku sudah memberikan pemahaman kepada sekelompok massa ini agar tidak mengganggu proses rekapitulasi yang harus berlangsung karena jadwal tahapannya sudah ditetapkan. Apabila menemukan indikasi money politic dapat segera dilaporkan ke Panwas untuk diproses lebih lanjut. “Dalam aksinya massa tidak melakukan pengrusakan hanya meminta rekapitulasi dihentikan,” kata Kapolres, seraya mengaku situasi sudah terkendali, dan proses rekapitulasi berjalan aman dan lancar.

Sementara Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag menyatakan hal yang sama. Menurut Syukri, proses rekapitulasi tidak boleh terhenti dan harus berjalan sesuai tahapan yang ditetapkan, dan dugaan money politik menjadi ranah Panwaslu untuk diproses sesuai mekanismenya. “Jika berkaitan dengan money politic silakan lapor ke Panwas. Apabila terbukti melalui putusan pengadilan, maka kami KPU memiliki kewenangan untuk mencoret Caleg yang bersangkutan,” tandasnya. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Kapolres Sumbawa Ajak LSM Jaga Kondusifitas