Jabatan Ketua DPRD Sumbawa Direbut Tiga Partai

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (15/04) 

H Ilham Mustami S.Ag (Hanura)
H Ilham Mustami S.Ag (Hanura)

Hasil perolehan suara sementara pada Pemilihan Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Sumbawa, setidaknya ada 3 partai besar yang berebut untuk menduduki kursi Ketua DPRD Sumbawa.

amdal

Data yang diperoleh Gaung NTB menyebutkan tiga partai besar ini adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Sekretaris PDI Perjuangan Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP yang dikonfirmasi Senin (14/4), mengaku PDI Perjuangan sudah mengantongi minimal 6 kursi. Pada Dapil 1, 2, 3 dan Dapil 5 sudah mendapat 1 kursi, sedangkan untuk Dapil 4, Budi memastikan PDI-P mendapatkan 2 kursi. Di dapil 4, PDIP sudah mengantongi lebih dari 10 ribu suara, meski suara pribadinya hanya 2.000 lebih.

Lalu Budi Suryata SP (PDIP)
Lalu Budi Suryata SP (PDIP)

Demikian dengan dapil lainnya juga mengantongi suara yang cukup signifikan.

Sementara untuk Partai Hanura, hampir dipastikan Dapil I Sumbawa mendapatkan 2 kursi, di samping dapil lain yang sudah dipastikan mendapatkan masing-masing satu kursi. Raihan suara di Dapil I untuk Hanura cukup signifikan setelah H Ilham Mustami S.Ag salah satu dari beberapa calegnya memperoleh suara pribadi hampir mencapai 4.000.

Drs Arahman Alamudy M.Si (Golkar)
Drs Arahman Alamudy M.Si (Golkar)

Demikian dengan Partai Golkar, di samping semua Dapil sudah pasti mendapatkan kursi, khusus pada Dapil 4  diperkirakan mengantongi dua kursi. Karenanya ketiga partai ini berpeluang menduduki jabatan Ketua DPRD Sumbawa. Namun sudah dipastikan tiga partai ini juga menempatkan wakilnya untuk merebut jabatan pimpinan DPRD Sumbawa.

Untuk diketahui berdasarkan aturan, dari 45 anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, ada 4 unsur pimpinan. Satu unsur pimpinan selain tiga partai tadi, akan dijabat wakil dari PPP.

Baca Juga  HUT TAGANA di Rhee Sukses dan Meriah

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag yang dikonfirmasi terkait dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara, belum dapat berkomentar banyak karena sekarang ini masih dalam proses rekapitulasi pada tingkat PPS.

Namun demikian kata Syukri, tidak dapat dipungkiri sudah ada prediksi-prediksi dari masing-masing partai atau caleg berdasarkan data C1 yang mereka pegang.

Namun untuk kepastiannya harus menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara pada tingkat kabupaten oleh KPU Kabupaten Sumbawa. “Kita baru akan mengetahui siapa anggota DPRD yang akan duduk di DPRD Sumbawa dan mengetahui siapa yang akan menjadi Ketua DPRD setelah rekapitulasi penghitungan suara final oleh KPU Sumbawa,” demikian Syukri Rahmat. (*)

iklan bapenda