Membanggakan, Mahasiswa UTS Duta GenRe NTB 2014

oleh -1 views
Universitas Tekhnologi Sumbawa, pabrik pencetak ilmuwan muda
bankntb

Sumbawa Besar, SR (14/04) 

Cindy Suci Ananda dan Muchammad Isro Alfajri perwakilan Kabupaten Sumbawa terpilih sebagai duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe)  Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2014 dalam seleksi tingkat Propinsi di Mataram, belum lama ini.

Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Tekhnobiologi  Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang berhasil menyisihkan 20 peserta dari 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB. Tim juri yang terdiri dari instansi terkait yaitu BKKBN, Dikpora, Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan Psikolog, menilai dari beberapa aspek seperti  penguasaan materi tentang generasi berencana (GenRe), kemampuan dalam Bahasa Inggris, penyampaian materi, kepribadian serta  pengetahuan tentang kebudayaan local, pariwisata dan lainnya. Dengan keberhasilan ini, keduanya berhak mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional di Jakarta, Mei mendatang.

Satu hal yang membanggakan, karena sejak digelarnya pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat provinsi dalam beberapa tahun terakhir ini,  Sumbawa hanya puas menempati peringkat ketiga dan juara harapan. “Keberhasilan Cindy dan Isro mahasiswa dari UTS ini, merupakan kejutan yang  membanggakan bagi kita semua,” kata Kepala Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Sumbawa, Ir Ahmad Yani.

Penguasaan dan kemampuan penyampaian materi GenRe dan Bahasa Inggris, yang dimiliki kedua utusan Sumbawa ini diakui cukup bagus.  “Kami dari BKBPP Kabupaten Sumbawa mengaku bangga karena kedua mahasiswa tersebut ternyata mampu dan bisa menyampaikan materi tentang Genre dengan bagus, termasuk dalam Berbahasa Inggrisnya,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa keberhasilan ini tak lepas dari dukungan semua pihak termasuk bimbingan dari dosen UTS Sumbawa.

Baca Juga  HICTE 2019, Gubernur: Pentingnya Teknologi Membangun Daya Saing Industri

Sebagai persiapan menuju tingkat Nasional, pihak BKBPP akan memberikan bimbingan langsung kepada kedua mahasiswa tersebut terkait dengan penguasaan materi yang akan dilombakan ke tingkat nasional. Selain itu, kedua duta mahasiswa ini juga dituntut lebih banyak mengenal dan memahami program GenRe yang disampaikan di tengah masyarakat. Pasalnya, pemilihan Duta GenRe ini bertujuan untuk mempromosikan dan mensosialisasikan program GenRe melalui figur duta mahasiswa, untuk bisa menjadi model, contoh, teladan bagi mahasiswa dan teman sebayanya atau dengan istilah lain sebagai agen perubahan. “Mohon doa restu masyarakat Sumbawa, semoga putra-putri Sumbawa bisa membawa nama baik Sumbawa dalam ajang duta Mahasiswa GenRe di tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu, Dwi Ariyanti M.Biotech selaku Ketua Prodi Teknobiologi UTS, mengaku bangga atas prestasi yang diraih kedua mahasiswanya, karena keberhasilan ini bisa menjadi semangat bagi mahasiswa lain di UTS. “Tentu bangga dan menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain untuk mengukir prestasi di bidang nya masing-masing,” katanya. (*)

 

 

 

iklan bapenda