Akhirnya Bayi Sofia Dirujuk ke RSUP Mataram

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/04) 

Didampingi dr Koeswardhono SPA, Hj Rahmah JM Jenguk Sofia
Didampingi dr Koeswardhono SPA, Hj Rahmah JM Jenguk Sofia

Sofia Dwi Putri, bayi yang lahir dengan kelainan pada wajah akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Mataram, Jumat (11/4). Kondisinya dinyatakan telah stabil dan siap untuk menjalani CT Scan.

amdal

Keberangkatan putri pasangan Usman dan Datia—pasutri asal Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir ini setelah pihak RSUD Sumbawa tempat Sofia dirawat sebelumnya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa. Soalnya, seluruh biaya rujukan dan perawatan, serta pendamping di Mataram ditanggung sepenuhnya oleh Doctors Children Found (DCF), selaku lembaga donor mitra Dikes.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si yang ditemui sesaat sebelum keberangkatan Sofia, memastikan sudah tidak ada persoalan terkait keberangkatan Sofia. Semua biaya, mulai dari biaya perawatan, CT Scan dan pendamping ditangani oleh Doctor Children Found (DCF). ‘’Dalam hal ini DCF yang langsung akan menangani Sofia di Mataram,” ujar Junaidi.

Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa ungkap Jun—akrab birokrat muda ini disapa, hanya memfasilitasi penanganan dan perawatannya. Nantinya Sofia akan dirawat sementara di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Mataram untuk pemulihan kondisi setelah menempuh perjalanan dari Sumbawa. Setelah itu, baru dilakukan CT Scan di salah satu rumah sakit swasta di Mataram.

Sementara itu, Datiah—ibu Sofia menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemda Sumbawa melalui dinas terkait. Demikian dengan para donator dan dermawan yang memberikan kepeduliannya melalui “Dompet Peduli Sofia”. Bantuan itu menurut Datiah, telah memberikan harapan bagi putrinya untuk hidup normal kelak. ‘’Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari berbagai pihak untuk penanganan Sofia. Kami hanya bisa ucapkan terima kasih, dan semoga Allah SWT yang memberikan balasan,” ucapnya lirih.

Baca Juga  Gubernur Bangga SMKN 4 Mataram Bisa Produksi APD

Di tempat yang sama Radar Sumbawa menyalurkan bantuan hasil kumpulan selama beberapa hari melalui program “Dompet Peduli Sofia”. Bantuan sebesar Rp 3,3 juta ini diserahkan Redaktur Pelaksana Radar Sumbawa, Fajar Rachmat B kepada kedua orang tua Sofia. (*)

iklan bapenda