Calon Incumbent yang Bertahan dan Tersingkir

oleh -5 views
Salamuddin Maula dan Burhanuddin Jafar Salam
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/04)

Jamaluddin afifi
Jamaluddin Afifi SH

Tidak semua calon incumbent yang bertarung pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 kemarin yang bisa bertahan untuk kembali terpilih di DPRD kabupaten/kota maupun DPRD Propinsi. Dari hasil sementara perolehan suara ada beberapa anggota DPRD Sumbawa yang bakal ‘tersingkir’ dari kursi parlemen. Ada juga anggota DPRD Sumbawa yang  bertahan. Bahkan ada yang hijrah’ mencoba mencari peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Propinsi NTB, namun memperoleh suara yang terseok-seok.

amdal

Dari serapan di lapangan menyebutkan, hasil sementara menyebutkan calon incumbent yang diperkirakan akan bertahan adalah H Ilham Mustami S.Ag. Politisi Hanura yang kini menjadi Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbawa ini dikabarkan  sudah meraih sekitar 3.000 suara di daerah pemilihan I (Tarano, Empang, Plampang, Maronge dan Labangka). Bahkan Hanura di daerah tersebut memperoleh suara signifikan dan diperkirakan akan memperoleh dua kursi. Bahkan secara individu putra Maronge ini tertinggi dari Caleg lainnya, dan jika Hanura memiliki jumlah kursi signifikan di DPRD, bisa jadi Haji Ilham menduduki jabatan Ketua DPRD Sumbawa.

sambirang ahmadi S.Ag M.Si
sambirang ahmadi S.Ag M.Si

Masih di Dapil yang sama, Golkar diperkirakan akan melepas satu dari dua kursi yang diperolehnya pada Pemilu 2009. Saat itu dua calegnya Nurdin Marjuni SH dan Sambirang Fattah S.Pd merebut kursi di DPRD Sumbawa. Namun Pemilu 2014 ini hanya satu kursi untuk Dapil I, yang akan diperebutkan dua calon incumbent tersebut. Tapi perolehan sementara Nurdin Marjuni masih unggul dari Sambirang.

Anggota DPRD Sumbawa lainnya, Salamuddin Maula (Jalo) di Dapil 2 (Lape, Lopok, Moyo Hulu, Lenangguar, Ropang, Lantung, Lunyuk dan Orong Telu). Politisi PKS ini dipastikan akan bertahan karena raihan sementara dikantonginya sekitar 2.000 suara. Kemudian Burhanuddin AB yang berada di Dapil 3 (Badas, Unter Iwis dan Batu Lanteh). Politisi Hanura ini diperkirakan kembali duduk di parlemen, bahkan di Dapilnya Hanura bisa mencapai dua kursi menyusul perolehan suara pendatang baru, Ardi—putra kedua Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik yang patut diperhitungkan. Kabarnya suara Burhanuddin dan Ardi beda tipis. Burhanuddin memperoleh 2.300 suara, sedangkan Ardi 2.200 suara, dengan suara partai sementara ini mencapai 7000-an. Selanjutnya di wilayah Barat yakni Dapil I (Alas Barat, Alas, Buer, Utan dan Rhee), PDIP akan kembali mengulang sukses menyumbang dua kursi. Raihan sementara suara partai mencapai sekitar 8000-an. Perolehan suara ini didongkrak oleh beberapa calegnya yang terbilang mumpuni yakni dua calon incumbent Lalu Budi Suryata SP meraih suara sementara 2.200, disusul Rafiq 1.800 suara. Untuk Golkar masih mengandalkan H Hafid Awad di Dapil 5 Sumbawa, yang kabarnya meraih suara 1.400 lebih terpaut tipis dari Agus Salim Okak yang meraih sekitar 1.200 suara. syamsul fikri

Baca Juga  PPP Harus Jadi Partai Pengusung

Sedangkan calon incumbent yang masih ketar-ketir di antaranya Syamsul Fikri S.Ag (Demokrat), Sambirang Ahmadi (PKS), Fitra Rino (PAN), Khaeruddin SE (PBB), M Saad (PKPI), dan Syamsuddin (Demokrat). Untuk pendatang baru yang dinilai berpotensi meraih kursi selain Ardi JM (Hanura), adalah Zulkarnaen (Toke Zul) Dapil 2 dari Partai Nasdem, Salman Alfarizi (PAN) Dapil 4 meraih 1.800 unggul dari Fito, Wahijan (PDIP) 1.600 mengekor di belakang Rafiq (ini belum termasuk suara di Rhee dan Utan yang menjadi basis Wahijan), Berlian Rayes (Golkar Dapil 4), dan Kamaluddin ST M.Si (PPP) sekitar 1.400 suara sementara. Kemudian dua calon baru berwajah lama adalah Muhammad Yamin SE M.Si (Hanura Dapil 5) dan Drs Arahman Alamudy M.Si (Golkar Dapil 3) yang dipastikan comeback.

Drs H Mahmud Abdullah
Drs H Mahmud Abdullah

Bagaimana dengan anggota DPRD Sumbawa yang hijrah ke DPRD Propinsi ? juga tak jauh beda. Untuk sementara Jamaluddin Afifi SH unggul dengan perolehan 3.000 hanya wilayah Kota Sumbawa belum termasuk beberapa kecamatan dan KSB,  Nurdin Ranggabarani SH MH (PPP) dan Johan Rosihan ST. Sementara Mustami H Hamzah (PDIP)–Wakil Ketua DPRD Sumbawa masih tertinggal dari perolehan suara Husni Jibril (calon incumbent) yang juga seniornya di PDIP. Demikian dengan Burhanuddin Jafar Salam SH (PAN) bersaing ketat dengan H Edy Muchtar S.Sos (PAN)—yang masih duduk di DPRD Provinsi NTB, serta H Irwan Rahady (Gerindra) masih berusaha mengumpulkan suara.

Baca Juga  Kampanyekan Paslon Pilgub, Kades Lape Jadi Tersangka Tipilu

Sementara pendatang baru Caleg Provinsi yang berpotensi adalah H Rahmah Jamaluddin Malik (Hanura), H Mahmud Abdullah (Nasdem) dan beberapa calon lainnya.

H Mustami H Hamzah B.Sc SH
H Mustami H Hamzah B.Sc SH

Namun demikian perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara pada Pileg 2014 ini masih berlangsung dan masih sebagian kecil yang sudah dilaporkan ke KPU Sumbawa. Sesuai jadwal, rekapitulasi di tingkat PPK (kecamatan) akan berlangsung pada 13 hingga 17 April, dilanjutkan rekapitulasi yang sama di tingkat kabupaten, 19–21 April 2014.

Rekapitulasi ini berlangsung hingga tingkat provinsi (22-24 April) dan tingkat nasional 26 April hingga 6 Mei 2014. Sementara pengumuman penetapan peroleh kursi dan calon terpilih anggota DPRD untuk kabupaten pada 11–13 Mei 2014. (*)

 

 

 

iklan bapenda