Papan Informasi Foto Caleg Bikin Pemilih Kecele

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (10/04)

Papan informasi yang dipajang di setiap tempat pemungutan suara (TPS) oleh petugas KPPS, membuat sejumlah pemilih kecele. Sebab sebagian besar pemilih tidak mengetahui bahwa foto Caleg yang ada di papan informasi tersebut tidak termuat di dalam surat suara kecuali Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

amdal

Herman–salah seorang pemilih dari Kelurahan Brang Biji mengaku bingung. Ketika datang ke TPS langsung melihat papan informasi yang terpampang lembaran (seperti surat suara) semua calon anggota legislative baik DPRD kabupaten/kota (khusus Dapil 5), Caleg DPRD Propinsi NTB dan DPR RI lengkap dengan fotonya. Satu-persatu diamati Herman dan ada beberapa foto caleg yang dihafalnya untuk dipilih di bilik suara.

Namun betapa kecewa Herman, sebab ternyata di surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR RI yang dibukanya di dalam bilik, tidak satupun yang mencantumkan foto sebagaimana yang terpajang di papan informasi. “Saya bingung mau pilih yang sama, sebab tidak fotonya, padahal saya sudah hafal saat melihat fotonya di luar (papan informasi). Terpaksa saya coblos siapa saja,” aku Herman.

Bukan hanya Herman tapi banyak juga pemilih lain yang bingung.

Sementara itu Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag, mengakui dimunculkannya foto caleg di papan informasi itu agar pemilih dapat mengetahui siapa calon yang akan dipilihnya. “Memang seperti itu ketentuannya, untuk memperkenalkan caleg kepada masyarakat dengan menampilkan fotonya, hanya saja dalam surat suara memang tidak ada kecuali anggota DPD RI,” jelasnya. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Hanura Soroti Beringin Sila, Kerusakan Jalan dan Jual Beli Proyek