Naskah UN SMA/MA/SMK Tiba 12 April

oleh -202 Dilihat

Sumbawa Besar, SR (08/04)

M Shalahuddin MA SH, Kasi Kurikulum Dinas Diknas Sumbawa
M Shalahuddin MA SH, Kasi Kurikulum Dinas Diknas Sumbawa

Keterlambatan pendistribusian soal hingga berdampak diundurkannya jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK tahun lalu di Kabupaten Sumbawa, pada tahun ini tidak akan terulang lagi. Pasalnya seluruh naskah soal UN SMA/SMK yang digelar 14—17 April 2014 itu sudah berada di PT POS Mataram, sejak 4 April lalu.

Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikmen Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Shalahuddin MA SH, mengakui hal itu. Naskah soal ini terang Kak Bho—sapaan akrabnya, sesuai jadwal sudah diterima Dinas Diknas 12 April dan disaksikan kepala sekolah serta panitia ujian.

Sebelum disistribusikan, isi duz akan diperiksa untuk memastikan jumlah amplop sama dengan jumlah ruangan ujian. “Setelah itu baru dipak dan didistribusikan. Untuk pendistribusian kita bagi 3 wilayah yakni barat, timur dan selatan. Soalnya didistribusikan langsung oleh PT POS dan terakhir dititipkan di Polsek masing-masing,” bebernya.

Baca Juga  Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada Pemerintah Desa Lebin

Untuk diketahui, tidak ada soal cadangan yang diterima oleh panitia kabupaten. Cadangan hanya ada di panitia provinsi. Bila terjadi kekurangan, panitia mesti mengecek ke ruangan lain di sekolah yang sama apakah ada kelebihan soal. Jika tidak tersedia

sekolah bersangkutan diminta untuk berkoordinasi dengan sekolah lain untuk pengadaan soal. “Kalau tidak ada lagi, langkah terakhirnya dengan menggandakannya (fotocopy),” papar Kak Bho.

Bagaimana jika lembar jawaban UN tidak ada atau rusak ? Untuk kasus tersebut, siswa bisa menjawabnya dengan menggunakan kertas HVS, namun saat dikembalikan mesti disatukan dengan lembar UN. “LJUN nya harus dikembalikan ke Diknas panitia setiap hari, kecuali Orong Telu, Batu Rotok dan Lunyuk diserahkan ada hari terakhir,” pungkasnya. (*)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *