Pelajar SMP 1 Badas Juara Nasional Lomba Pidato

oleh -6 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (26/03)

A Rahman Semba S.Pd, Kepala SMPN 1 Badas
A Rahman Semba S.Pd, Kepala SMPN 1 Badas

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan pelajar SMP Negeri 4 Badas di pentas nasional. Adalah Khotimah, siswi kelas IX A yang dalam lomba pidato tentang Adaptasi Perubahan Iklim dan Penanggulangan Resiko Bencana tingkat nasional, meraih juara 4 nasional.

amdal

Lomba yang diselenggarakan oleh PLAN—organisasi internasional yang bergerak di bidang perlindungan anak, dari 20—24 Maret di Jakarta itu diikuti 98 siswa SMP di 62 kabupaten dari 24 provinsi di Indonesia.

Pada lomba tersebut ada 301 naskah pidato yang diseleksi oleh panitia.

Sebelum mengikuti lomba ini, Khotimah mengirimkan naskah pidato berjudul Anak Nelayan di Tengah Badai. Naskah yang ditulisnya berdasarkan pengalamannya sehari-hari itu, mendapat nilai tertinggi dari panitia sehingga ia terpilih menjadi salah satu finalis.

Ditemui Selasa (25/3), Kepala Sekolah setempat, A Rahman Semba S.Pd, tak mampu menyembunyikan raut kebahagian atas prestasi yang diraih anak didiknya.

Prestasi ini menurutnya, sangat luar biasa karena begitu banyak siswa SMP di Indonesia yang bersaing untuk menjadi yang terbaik. “Meraih juara 4 nasional itu tidaklah mudah. Jadi sudah sepantasnya sekolah sangat berbangga hati,” ujar Man—sapaan akrabnya.

Rasa bangga sekolah ini kata Man didampingi guru pembina, Hastaeny S.Pd, akan diaplikasikan dengan memberikan reward kepada Khotimah, agar dapat mempertahankan prestasi sekaligus menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk berbuat hal yang sama demi mengharumkan nama sekolah dan daerahnya.

Baca Juga  Setitik Cahaya dari Indonesia Timur Dalam Pemanfaatan Limbah Sayur Menjadi Biogas Sebagai Energi Alternatif di Tanah Intan Bulaeng

Prestasi ini sambung Man yang juga Ketua PGRI Cabang Badas tersebut, tercapai berkat kerjasama semua pihak terutama guru pembimbing yang tanpa lelah terus memberikan pembinaan termasuk Komunitas Penjaga Pantai. “Kami berharap prestasi yang diraih Khotimah ini dapat dijadikan pengalaman untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Kesempatan untuk meraih prestasi lebih baik sepertinya masih terbuka bagi Khotimah. Pasalnya, naskah pidatonya kembali diikutsertakan mengikuti kejuaraan serupa ke level yang lebih tinggi.

Sebelum dikirim, naskah tersebut akan diperbaiki dibantu guru pembimbing. (*)

iklan bapenda