Home / Pendidikan / Try Out Berjalan Baik, Hasilnya Perlu Diperbaiki

Try Out Berjalan Baik, Hasilnya Perlu Diperbaiki

Sumbawa Besar, SR (24/03)

try outKendati pelaksanaan pelaksanaan Try Out SMP/MTs tingkat kabupaten berjalan cukup baik, namun hasilnya masih perlu diperbaiki.

Sebab dalam ujicoba (try out) persiapan Ujian Nasional (UN) yang digelar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) itu, masih ada siswa yang tidak menjawab soal.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Sumbawa, Punijan S.Pd kemarin mengaku bahwa kemampuan siswa harus ditingkatkan mengingat masih ada peserta yang mendapatkan nilai di bawah 2 untuk semua mata pelajaran.

Untuk diketahui, sebutnya, try out yang digelar belum lama ini diikuti 89 SMP/MTs di wilayah Kabupaten Sumbawa. Try out ini mengujikan 4 mata pelajaran yang diujian-nasionalkan yakni Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Bahasa Indonesia.

Meski hanya bersifat ujicoba, Punijan yang juga Kepala SMP Negeri 1 Unter Iwes itu, mengatakan,  soal-soal yang dibuat oleh tim kabupaten tetap mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Tidak hanya itu, pola try out ini juga disetting layaknya seperti ujian. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa tidak kagok saat menghadapi ujian sesungguhnya yang dilaksanakan 5—8 Mei mendatang.

Kendati hasil try out masih perlu diperbaiki, Punijan optimis pencapaian kelulusan dalam UN nanti bakal lebih baik dari tahun sebelumnya.

Acuannya, yaitu dilaksanakannya try out tahap kedua oleh masing-masing sekolah untuk dapat memperbaiki kekurangan yang masih ada. Dan melalui try out ini tingkat kabupaten selaku penyelenggara ujian sudah memiliki gambaran tentang standarisasi soal dan nilai yang akan muncul pada ujian nanti.

Sebagaimana diketahui hasil try out tingkat kabupaten, SMP Negeri 1 Sumbawa meraih peringkat pertama disusul SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 1 Alas. (*)

 

Lihat Juga

333 Mahasiswa UTS Terjun ke 20 Desa, Realisasikan Program Merdeka

Siapkan Inovasi Desa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (22/9/2020) Program “Merdeka” menjadi semangat baru dalam pelaksanaan pengabdian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *