Selamat HUT TAGANA ke-10, Are You Ready !

oleh -8 views
Mantan kadis Sosial H Ir Ibrahim M.Si foto bersama Tagana
bankntb

Sumbawa Besar, SR (25/03)

TaganaHari Ulang Tahun Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke-10, di Kabupaten Sumbawa Senin 24 Maret 2014, diperingati secara sederhana. Diawali dengan upacara bendera di Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, puluhan anggota TAGANA mengakhirinya dengan bhakti social, melakukan gotong royong membersihkan dan membenahi bekas Posko Tagana di Jalan Bungur, wilayah Sernu, Kelurahan Lempeh. Sebelumnya bangunan tersebut dipinjam-pakaikan untuk operasional P2TP2A—organisasi bentukan BKBPP Sumbawa, menyusul kepindahan Posko Tagana ke Kantor Dinas Sosial dan kini menempati salah satu ruangan di eks kantor DPRD Sumbawa.tagana 1

Untuk diketahui, kondisi bangunan di jalan Bungur Sernu ini sangat memprihatinkan. Selain tidak terurus, bangunan seluas 1,5 are tersebut dalam kondisi rusak berat setelah tertimpa pohon belum lama ini. Tampak sebagian besar atapnya jebol dan hancur berantakan. Hanya tersisa satu ruangan yang masih utuh, itupun ruang tamu. Sementara dapur, kamar dan gudang logistic Dinas Sosial hancur lebur, sehingga memaksa instansi tersebut yang dibantu TAGANA mengevakuasi logistic dimaksud.

Kadis Sosial Sosial, Ir H Ibrahim M.Si, usai upacara mengaku akan mengusulkan perbaikan bangunan itu pada APBD 2015. Sebab bangunan itu akan dijadikan kembali Posko Tagana serta penempatan logistic agar penanganan bencana lebih efektif. “Pembenahan bangunan itu sangat mendesak, dan kami harap mendapat perhatian bagi pengalokasian anggarannya pada APBD tahun mendatang,” pintanya.tagana rusak

Baca Juga  Berkah Ramadhan, Masjid Baru dari Rumah Zakat untuk Kuang Jeringo

Menyinggung HUT TAGANA, Haji Ibrahim mengatakan harus dimaknai sebagai sebuah proses bagaimana organisasi kemanusiaan ini siap siaga dalam setiap kondisi. Ia mengakui selama ini peran Tagana dalam menangani bencana sangat besar, kendati apresiasi yang diberikan pemerintah sangat minim. Namun dia berharap kondisi ini tak menyurutkan semangat dan ikhtiar Tagana untuk terus memberikan kepedulian dengan semangat social dan kemanusiaan.

Sementara itu Koordinator Tagana Sumbawa, Lukman Hakim SP menyatakan bahwa TAGANA sebagai suatu organisasi sosial yang bergerak di bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial berbasis masyarakat.

Organisasi ini dibentuk di Lembang Jawa Barat oleh perwakilan dari 33 provinsi, kemudian dideklarasikan di hadapan Dirjen Bantuan Sosial mewakili Menteri Sosial RI, dengan motto, “One Command, One Rule dan One Corps”.

Kehadiran TAGANA di persada Nusantara merupakan sebuah kekuatan relawan yang dimiliki Kementerian Sosial RI untuk menjadikan mereka sebagai tenaga siap pakai dan diharapkan mampu mengurangi resiko bencana, dengan membangun kesiapsiagaan serta ketahanan masyarakat dan kelembagaan pada masa krisis dan memulihkan dampak bencana secara fisik maupun psikologis.

Kehadiran TAGANA juga untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, membangun partisipasi dan kemitraan dari berbagai pihak, mendorong semangat kegotongroyongan, kesetiakawanan dan kedermawanan serta menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. “Kami ucapkan selamat HUT Tagana dan segenap anggota TAGANA, tetaplah memiliki semangat pagi, Are you ready ???” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Buka Puasa, Mabes Nurul Huda Undang Ratusan Kaum Dhuafa

 

iklan bapenda