Dinas Diknas Takut Laksanakan DAK 2014

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/03)

DAK pendidikanDinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa belum berani untuk melaksanakan pengadaan buku yang dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2014. Meski sudah mengantongi

amdal

Petunjuk Tehnis (Juknis) dan Petunjuk Pelaksana (Juklak) DAK Bidang Pendidikan Tahun 2014, namun sejauh ini belum ada spesifikasi buku. “Termasuk juga harga untuk pengadaan buku,” kata Kasubag Program Dinas Diknas setempat, Amir Mahmud ME, belum lama ini.

Untuk diketahui DAK tahun ini akan diarahkan untuk pengadaan buku. Buku tersebut harus mengacu pada Kurikulum 2013 dan semua siswa mendapatkannya. Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2014 ini mendapatkan alokasi DAK sebesar Rp 18,5 miliar. Ada sebanyak 511 sekolah dari SD sampai SMA yang mendapatkan DAK buku ini. Sekolah ini terdiri 368 SD, 100 SMP, 27 SMA dan 16 SMK. Sambil menunggu spesifikasi dimaksud pihaknya tengah melakukan rekapitulasi jumlah riel siswa yang ada di Kabupaten Sumbawa berdasarkan Data Pokok Pendidik (Dapodik). Rekapitulasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah buku yang akan diberikan kepada siswa penerima nantinya, termasuk buku mata pelajaran apa saja yang akan disediakan.

Amir berharap spesifikasi buku ini segera diterbitkan agar Dinas Diknas memiliki waktu yang cukup untuk mengurus seluruh proses pelaksanaannya. “Paling telat April spesifikasi buku ini sudah ada agar bisa segera eksen. Kalau sekarang kita belum dapat bergerak meski Juklak Juknisnya sudah ada, karena spesisifikasnya belum ada,” timpalnya.

Baca Juga  Pasca Gempa, Wabup Kunjungi Sekolah Hibur Anak-anak

Disinggung soal DAK luncuran ? Amir mengaku sudah dapat disalurkan dan sekarang sedang disusun dokumen penawaran. Kemungkinsn akhir Maret atau awal April, DAK luncuran sudah bisa dilaksanakan. (*)

iklan bapenda