Pedi: Listrik di Sumbawa akan Membaik

oleh -0 views
Mesin pembangkit di PLTD Labuan Sumbawa, foto: samawarea.com
bankntb

Sumbawa Besar, SR (22/03)

Pedi Sumanto, Manager PLN Area Sumbawa
Pedi Sumanto, Manager PLN Area Sumbawa

Janji PT PLN Area Sumbawa agar listrik di wilayah Kabupaten Sumbawa segera membaik sebelum Pemilihan Legislatif 9 April mendatang diharapkan dapat terwujud.

amdal

Hal ini menyusul akan tibanya mesin rental berkapasitas 7 Mega Watt (MW). Terlebih lagi satu unit mesin pembangkit milik PLN berkapasitas 2 MW yang sebelumnya mengalami kerusakan, sudah dapat dioperasionalkan sehingga pemulihan sudah terasa mengingat kondisi listrik di Kota Sumbawa dan sekitarnya cukup normal.

Manager PT PLN Area Sumbawa, Pedi Sumanto mengakui hal itu. Pihaknya telah menyiapkan lokasi untuk menyambut tibanya mesin pembangkit PLN dalam waktu dekat. Mesin berkapasitas 7 MW itu adalah milik PT Arena yang dirental PLN. Hasil komunikasi terakhir ungkap Pedi, perusahaan mitra di Jakarta ini mengaku sudah mulai memobilisasi mesin ini dari Jakarta menuju Sumbawa. Apabila mobilisasi yang menggunakan jalur laut itu berjalan lancar, mesin itu akan tiba di Sumbawa sekitar 10 hari ke depan. “Kita berdoa bersama-sama agar kedatangan mesin ini tidak menemui hambatan terutama kondisi cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini,” harapnya.

Apabila mesin rental dengan kapasitas sekitar 7 MW ini beroperasi, dipastikan kondisi listrik di wilayah Kabupaten Sumbawa akan mencukupi. Pasalnya, dengan adanya mesin rental itu, bisa menutupi kekurangan daya PLN yang juga berada di angka sekitar 7 MW. Sesuai rencana, dari tambahan daya 7 MW dari mesin rental itu, 5 MW akan ditempatkan di PLTD Labuan untuk suplay listik di wilayah kota dan sejumlah kecamatan, sisanya 2 MW ditempatkan di PLN Empang yang saat ini kapasitas mesinnya sekitar 2 MW. Hal itu dilakukan agar suplay listrik di wilayah Kecamatan Empang lebih maksimal dan jangkauannya dapat diperluas hingga Kecamatan Lape yang selama ini disuplay PLTD Labuan Sumbawa.

Baca Juga  BP3 Seteluk Kembali Raih Prestasi Nasional

Disinggung kondisi mesin rental 7 MW milik PT CDB yang mengalami kerusakan, Pedi yang didampingi Asisten Pelayanan dan Administrasi, Arfandi mengaku belum mendapat informasi apakah masih bisa beroperasi atau tidak. Sebab mesin rental milik CDB ini sepenuhnya kewenangan PLN wilayah untuk memutuskan apakah perusahaan itu masih tetap menjadi mitra PLN. “Kami hanya berharap kondisi listrik di wilayah Kabupaten Sumbawa semakin membaik, sehingga pelayanan PLN terhadap masyarakat dapat berjalan maksimal,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda