Sumbawa Raih 3 Besar Nasional MDG’s Award 2013

oleh -0 views
bankntb
Kasubbag Humas, R Rudi Yulianto SE M.Sc, MAP
Kasubbag Humas, R Rudi Yulianto SE M.Sc, MAP

Sumbawa Besar, SR (17/03)

Kabupaten Sumbawa berhasil meraih peringkat ketiga Millennium Development Goals (MDGs) Award 2013 untuk Bidang Kesehatan Ibu dan Anak. Prestasi ini diumumkan pada acara Pembukaan Penilaian Program Indonesia MDGs Award di Jakarta, belum lama ini.

amdal

Kasubbag Humas Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa, R Rudi Yulianto SE M.Sc MAP, menyebutkan peringkat ke-3 nasional ini untuk katagori kesehatan ibu dan anak melalui peningkatan kesehatan anak yang dilaksanakan melalui program Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa.

Pada kegiatan yang dihadiri Wakil Presiden RI, Boediono dan Duta Besar Indonesia untuk Urusan Millennium Development Goals (MDGs), Nila Afansa Moeloek, juga disampaikan peraih peringkat pertama yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara dengan program Kemitraan Bidan dan Dukun, sementara peringkat kedua adalah Pemerintah Kota Surabaya dengan program Pembentukan Kelompok KB Pria Vasektomi.

MDGs Award tersebut, jelas Rudi, diberikan kepada agen pembaharu teladan yang berhasil melakukan perubahan di tingkat akar rumput di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pelaku pembangunan yang telah menghasilkan prestasi terbaik dalam upaya mendorong percepatan pencapaian MDGs di Indonesia. Melalui kegiatan ini juga teridentifikasi berbagai bentuk praktek cerdas dan karya-karya terbaik yang telah dicapai dalam program-program pembangunan nasional yang beorientasi MDGs.

Selain itu sambung Rudi, bertujuan untuk mengangkat kemitraan inovatif antara pemerintah, organisasi internasional, sektor swasta, akademia, dan masyarakat sipil dalam rangka mempercepat pencapaian MDGs saat ini, maupun menginspirasi kemitraan-global baru demi mendorong kerangka-kerja dan agenda pembangunan pasca 2015.

Baca Juga  Pengurus Komda PGPKT Sumbawa Dilantik

Untuk diketahui lanjut Rudi, upaya pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) di Indonesia kini mulai memasuki periode yang sangat menentukan, karena waktu tersisa menuju tahun 2015 bukan merupakan waktu yang lama. Berbagai upaya yang diarahkan untuk mempercepat pencapaian target-target MDGs merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Yakni untuk mencapai kesejahteraan yang merata sehingga masyarakat sipil dan pemerintah sama-sama tengah mencari terobosan baru, karena disadari bahwa pendekatan ‘bekerja sendiri-sendiri’ tidak berhasil, sehingga dibutuhkan kemitraan lintas sektor dan lintas aktor untuk mewujudkan Indonesia sejahtera.

Menurut Rudi, periode menjelang Tahun 2015 ini kesempatan terakhir bagi semua pemangku kepentingan MDGs untuk mencapai target-target MDGs melalui berbagai upaya terobosan yang kreatif dan inovatif serta menyentuh berbagai akar permasalahan yang ada. Karenanya diperlukan alat untuk mengukur keberhasilan dari pelaksanaan MDGs di antaranya melalui pemberian penghargaan.

Pemberian penghargaan ini lanjut Rudi, pertama kali diselenggarakan oleh Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs Tahun 2011.

Indonesia MDG’s Awards adalah inisiatif nasional dalam mempercepat pencapaian MDGs, yang digagas, dirancang dan dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi serta evaluasi kinerja berbagai pihak pemangku kepentingan dalam pencapaian MDGs. Program penghargaan ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemahaman dan mengajak berbagai pihak untuk melakukan tindakan nyata, berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

iklan bapenda