Kesbangpolinmas Gelar Rakor Tingkatkan Pengamanan Pemilu

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (13/03)

Drs H Jamaluddin Malik, Bupati Sumbawa
Drs H Jamaluddin Malik, Bupati Sumbawa

Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Lindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Sumbawa melaksanakan rapat koordinasi peningkatan keamanan dan kenyamanan lingkungan dalam rangka persiapan Pemilu 2014 di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (12/3)

Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 1607 Sumbawa, para camat, Danramil, dan Kapolsek.

Kepala Badan Kesbangpolinmas,  Ir H Zulqifli dalam laporannya, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan konsep pelaksanaan serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka pembangunan, sebagai upaya mewujudkan optimalisasi peran aparat dan satuan perlindungan masyarakat pada pengamanan lingkungan di Kabupaten Sumbawa. Rakor ini juga untuk meningkatkan partisipasi Satlinmas dalam pelaksanaan pengamanan lingkungan untuk keamanan dan kenyamanan lingkungan. Selain itu dari kegiatan ini diharapkan adanya kesamaan persepsi sekaligus mensinergikan gerak langkah bersama dalam memantapkan kapasitas aparat untuk pelaksanaan pengamanan lingkungan menjelang pemilu 2014.

Sementara Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik meminta jajaran pemerintah mengintensifkan koordinasi dalam melaksanakan tugas dan kegiatan pemerintahan berdasarkan tupoksinya agar seluruh proses pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi ketimpangan, serta mampu mengidentifikasi persoalan di lapangan demi terciptanya keamanan dan ketertiban. “Kami harap semua elemen menjalin koordinasi melalui pertemuan-pertemuan informal agar komunikasi antar aparat pemerintah dan masyarakat tetap terjaga,” pintanya.

Dalam pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban dari penyelenggara pemilu, sebut JM—akrab Bupati disapa, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, di antaranya penanganan ketahanan, ketertiban dan keamanan di setiap TPS. Dalam kesempatan yang sama, JM juga meminta aparaturnya terbebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Wapres JK: "Politik itu Lima Tahun, Tapi Persahabatan itu Seumur Hidup”