HKGB PKK Tekankan Pentingnya Ketahanan Keluarga

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (13/03)

Drs H Arasy Muhkan, Wabup Sumbawa
Drs H Arasy Muhkan, Wabup Sumbawa

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan menilai keberadaan kader PKK yang tetap eksis, sangat berperan dalam kegiatan pembangunan, khususnya dalam upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan kaum perempuan. Penilaian ini disampaikan Wabup saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 sebagai puncak kegiatan HKG PKK-KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2014 yang digelar Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, di Wisma Daerah, Rabu (12/3).

Menurut Wabup, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang dilaksanakan setiap tahun, adalah untuk menyegarkan ingatan bagi elemen terkait akan besarnya peranan kaum perempuan dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara. Keberadaan Tim Penggerak PKK dengan 10 program pokoknya memiliki posisi strategis dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga karena mampu menyentuh seluruh segi kehidupan keluarga, baik dalam bidang fisik maupun pembinaan mental spiritual. Melalui program-program PKK juga dapat dilakukan berbagai kegiatan dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan peranan wanita dalam pembangunan.

Kabupaten Sumbawa sebut Wabup, sesungguhnya memiliki potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan. Hanya upaya ke arah itu masih perlu terus ditingkatkan dengan melibatkan semua unsur yang ada, termasuk kaum perempuannya dengan cara ikut berperan aktif dalam berkarya dan turut membantu akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan. Seperti penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak, maupun peningkatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat. Selama ini telah terbukti kaum perempuan lebih peka, lebih mengerti dan lebih berpengalaman pada kegiatan-kegiatan tersebut. “PKK juga kami harapkan mengambil peran dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga bila masing-masing keluarga sejahtera, maka otomatis pembangunan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan akan tercapai,” tandasnya.

Baca Juga  Rumah Zakat Bakal Sulap Mushollah Kuang Jeringo Jadi Mentereng

Sebelumnya panitia penyelenggara, Ir Hj Diana Junaidi dalam laporannya menyampaikan bahwa tema yang diusung dalam peringatan tersebut adalah “Dengan HKG Kita Buat Ketahanan Keluarga Sebagai Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.  Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam menyambut HKGB itu, di antaranya pelatihan fasilitator penanganan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), lomba penanganan KDRT, lomba narasumber fasilitator terbaik, memberikan fasilitator kepada lansia, pemberian modal usaha, pelatihan penanganan KDRT, dan mendorong terbentuknya koperasi yang dikelola PKK.

iklan bapenda