Masyarakat Prode III Belasan Tahun Hidup Gelap Gulita

oleh -92 Dilihat

Jaringan ListrikSumbawa Besar, SR (11/03)

Pembangunan adil dan merata rupanya masih belum dirasakan masyarakat Desa Prode 3, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa. Sebab selama 15 tahun warga setempat hidup dalam gelap gulita karena wilayahnya belum dijamah aliran listrik.

Kades setempat, Idris S Hasan yang dihubungi kemarin, mengaku sejak 1999 hingga 2014 atau 15 tahun ini, desanya belum terjamah listrik. Ia sudah lelah mengusulkannya kepada pihak PT PLN dan Pemda Sumbawa agar kondisi di desanya sama dengan desa lainnya yang sudah menikmati listrik. Namun sejauh ini belum mendapat respon. Keadaan ini membuat desa dan warganya sangat terisolir terutama mengenai perkembangan informasi dunia luar. “Sepertinya masyarakat kami belum merdeka,” tukasnya.

Baca Juga  Pohon Tumbang, BNI Rugi Puluhan Juta

Selain belum merdeka, Idris merasakan desanya dianaktirikan, karena Desa Prode 1 dan Prode 2 yang sangat dekat dengan desa sudah menikmati listrik.

Selama ini warganya menggunakan lampu tempel yang dinilai sangat beresiko terjadinya kebakaran, dan musibah ini pernah terjadi mengakibatkan satu nyawa melayang.

“Berapapun biaya pemasangan listrik, warga kami tidak mempermasalahkannya. Apalagi 300 kepala keluarga sudah menyatakan minatnya untuk pemasangan listrik ini,” ucapnya.

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *