Masyarakat Prode III Belasan Tahun Hidup Gelap Gulita

oleh -0 views
bankntb

Jaringan ListrikSumbawa Besar, SR (11/03)

Pembangunan adil dan merata rupanya masih belum dirasakan masyarakat Desa Prode 3, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa. Sebab selama 15 tahun warga setempat hidup dalam gelap gulita karena wilayahnya belum dijamah aliran listrik.

amdal

Kades setempat, Idris S Hasan yang dihubungi kemarin, mengaku sejak 1999 hingga 2014 atau 15 tahun ini, desanya belum terjamah listrik. Ia sudah lelah mengusulkannya kepada pihak PT PLN dan Pemda Sumbawa agar kondisi di desanya sama dengan desa lainnya yang sudah menikmati listrik. Namun sejauh ini belum mendapat respon. Keadaan ini membuat desa dan warganya sangat terisolir terutama mengenai perkembangan informasi dunia luar. “Sepertinya masyarakat kami belum merdeka,” tukasnya.

Selain belum merdeka, Idris merasakan desanya dianaktirikan, karena Desa Prode 1 dan Prode 2 yang sangat dekat dengan desa sudah menikmati listrik.

Selama ini warganya menggunakan lampu tempel yang dinilai sangat beresiko terjadinya kebakaran, dan musibah ini pernah terjadi mengakibatkan satu nyawa melayang.

“Berapapun biaya pemasangan listrik, warga kami tidak mempermasalahkannya. Apalagi 300 kepala keluarga sudah menyatakan minatnya untuk pemasangan listrik ini,” ucapnya.

iklan bapenda
Baca Juga  Pemda Sumbawa Apresiasi Expo Produk KKN UTS 2018