Listrik di Taliwang KSB Paling Aman

oleh -9 views
Kota Taliwang, KSB
bankntb

Taliwang, SR (04/03)

Jaringan ListrikKondisi listrik di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berbeda dengan Sumbawa. Ketika pelanggan di Sumbawa ribut-ribut soal pemadaman bergilir, di Kota Taliwang KSB dan sekitarnya, tenang-tenang saja. Pasalnya listrik di daerah Bumi Pariri Lema Bariri—sebutan KSB, selama ini dalam kondisi aman. “Alhamdulillah tidak ada pemadaman atau gangguan yang parah sehingga memaksa kami melakukan pemadaman bergilir,” ucap Sutrisno—Manager PLN Rayon Taliwang, KSB, saat ditemui di Kantor PT PLN Area Cabang Sumbawa, Senin (3/3).

amdal

Untuk diketahui ungkap Sutrisno, daya mesin yang tersedia mencapai 10 MW dan mampu menghandle seluruh wilayah di KSB. Bahkan kelebihan daya yang ada dialokasikan untuk membantu kondisi listrik di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Dia tidak menampik sempat ada sedikit pemadaman listrik. Hal itu terjadi karena ada kegiatan pemeliharaan salah satu mesin pembangkit, dan gangguan jaringan yang bersifat kasuistis. Kegiatan ini tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat karena tidak berlangsung lama. Khusus gangguan jaringan, sudah ada tim perabasan yang diterjunkan sesuai schedule perencanaan. “Kalau mesin pembangkit aman dan jaringan aman, insya Allah ke depan semuanya serba aman,” serunya.

Untuk diketahui, sebut Sutrisno, jumlah pelanggan PLN di wilayah Rayon Taliwang mencapai 18 ribu dan tidak ada pelanggan daftar tunggu karena setiap pemasangan baru langsung dilayani. Tapi dia tidak menampik ada beberapa pelanggan yang tidak disiplin dalam membayar rekening sesuai jadwal. Kondisi tidak menjadi permasalahan serius karena pihaknya terus intensif melakukan sosialisasi untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap kewajibannya. Mengenai pemutusan jaringan bagi pelanggan yang tidak membayar sesuai waktu yang ditentukan, sudah menjadi bagian dalam SOP.

Baca Juga  Setelah Hijrah Lape, Kini Tatede Lopok Raih Predikat Desa STBM

Sementara itu Asmen Jaringan PLN Area Sumbawa, Hengky Purbo Lesmono, mengakui kondisi listrik di Rayon Taliwang paling aman dibandingkan dengan listrik di Area Sumbawa dan sekitarnya. Selain aman, Rayon Taliwang dapat membantu daerah lain untuk mengatasi krisis listrik, seperti yang dialami Kecamatan Taliwang.

iklan bapenda