Terkendala Jalan, PLN Sulit Akses Daerah Terisolir

oleh -2 views
bankntb

Taliwang, SR (04/03)

Daerah Terisolir KSB EDIIITUpaya PT PLN untuk menjamah semua wilayah yang belum teraliri listrik terus dilakukan. Seperti yang tengah dilakukan di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Untuk KSB, sebagaimana diungkapkan Manager PLN Rayon Taliwang, Sutrisno, tinggal beberapa desa yang belum berhasil ditangani yakni Rarak Rungis dan Mantar. Desa tersebut berada di atas pegunungan (dataran tinggi) yang sulit dijangkau selain tidak adanya akses jalan, juga medannya berisiko.

Sutrisno yang ditemui di Kantor PLN Cabang Sumbawa, Senin (3/3) ini mengakui pernah mengkaji dan melihat potensi di daerah tersebut. Selain jalannya tidak layak, juga melalui hutan lindung. Jika dipaksakan akan berisiko terhadap keselamatan jiwa, maupun menghadapi resiko hukum karena dianggap melanggar UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. “Kalau jalannya susah, kami kesulitan operasional karena ada pemeliharaan jaringan setiap harinya,” aku Sutrisno.

Bagaimana dengan Tongo dan Aik Kangkung—daerah terisolir lainnya ?

Sutrisno mengaku sedang dalam pengerjaan dan ada beberapa titik yang masih belum sempurna. “Kita masih menyempurnakan jaringan di wilayah itu agar di kemudian hari tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dan pengerjaan ini hampir tuntas,” cetusnya, seraya menyatakan untuk beroperasinya listrik di dua lokasi tersebut, merupakan kewenangan kantor wilayah.

Hal senada dikatakan Asmen Jaringan PT PLN Area Sumbawa, Hengky Purbo Lesmono. Menurutnya, pada prinsipnya PLN berkomitmen untuk menerangi semua wilayah, asalkan semua pihak ikut terlibat termasuk pemerintah dalam menyiapkan akses jalan yang memadai. “Hanya kendalanya masalah jalan,” katanya.

Baca Juga  TR: ZAT, Perjalanan Sejarah untuk Perpaduan Budaya

Untuk di Kabupaten Sumbawa, pihaknya sudah sharing dengan pemerintah daerah untuk menfasilitasi pembuatan jalan menuju beberapa daerah yang belum teraliri listrik agar lebih mudah untuk pemasangan tiang dan jaringan. Selama ini dalam sisi pembangunan maintenance, pihaknya terkendala di hutan lindung karena harus ada ijin memasuki kawasan. Sebab ketika beroperasi, di satu sisi tetap menjaga jaringan dari ranting pohon agar tidak mengganggu pelayanan masyarakat, di satu sisi PLN dihadapkan dengan resiko hukum ketika melakukan perabasan di dalam kawasan hutan.

Disinggung jumlah desa di Kabupaten Sumbawa yang belum teraliri listrik, Hengky tidak menyebutkan secara rinci, namun semua desa itu sedang

disurvey tim. Di antaranya desa di Kecamatan Orong Telu dan Batu Lanteh.

iklan bapenda