Forum SKPD Sepakati Renja Pemda 2015

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (01/03)

Kabag Anshori
Rachman Ansori S.Sos MSE

Forum Gabungan SKPD yang menggelar pertemuan selama tiga hari kemarin, berhasil melahirkan sejumlah kesepakatan yang akan menjadi komitmen bersama untuk dilaksanakan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori S.Sos MSE, menyebutkan dalam berita acara kesepakatan yang dibacakan Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi Bappeda Sumbawa, Z Arifin S.Pt, M.Si selaku pimpinan rapat disebutkan, bahwa dalam Forum Gabungan SKPD telah dilakukan penyelarasan antara rancangan awal Rencana Kerja (Renja) SKPD dengan daftar usulan kegiatan prioritas hasil kesepakatan pada Musrenbang Kecamatan. Kemudian program dan kegiatan prioritas kecamatan berikut indikator, target kinerja dan kebutuhan pendanaannya diakomodir dalam rancangan awal Renja SKPD.

Disebutkan pula, bahwa usulan prioritas kecamatan yang selaras dengan rancangan awal Renja SKPD perlu didukung data dan informasi yang akurat, bahkan harus dilakukan survey di tingkat lapangan untuk mengetahui kelayakan program. Namun demikian, di dalam forum itu kata Ansori, usulan prioritas yang diakomodir dalam penyelarasan rancangan awal Renja SKPD belum seluruhnya dilakukan pemilahan terhadap sumber dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.

Untuk memilah sumber dana ini lanjut Ansori, pada tahap awal diberikan kewenangan kepada masing-masing SKPD untuk melakukan pemilahan dengan memperhatikan kebijakan-kebijakan pembangunan di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten serta kewenangan penanganannya. Sementara hasil pemilahan tersebut, akan dibahas kembali pada Forum Pra-Musrenbang RKPD 2015 yang akan dilaksanakan 3–4 Maret 2014.

Baca Juga  Segera Lakukan Audit Investigatif Kebakaran Sumur di Aceh !

Selain itu sambung Ansori, dalam Forum Gabungan SKPD juga menyepakati bahwa hasil penyelarasan rancangan awal Renja SKPD Tahun 2015 menjadi salah satu dokumen yang wajib dipedomani dalam penyusunan rancangan akhir Renja SKPD Tahun 2015 dengan memperhatikan rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2015.

iklan bapenda