Digratiskan, Pengurusan Administrasi Kependudukan Meningkat Tajam

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR

doktor iksan safitri
Dr Ikhsan Safitri

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, Dr Muhammad Ikhsan Safitri, MSi, mengungkapkan pasca digratiskannya seluruh biaya kepengurusan administrasi kependudukkan baik Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) maupun Akte Kelahiran, mulai tanggal 3 Februari lalu, motifasi masyarakat untuk mengurusnya meningkat tajam.

amdal

Buktinya kata Doktor Ikhsan—sapaan akrabnya, masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan terutama setelah jam istirahat kantor (pukul 12.00 – 14.00 Wita), sangat padat. “Perhari biasanya mencapai ratusan. Sebelum digratiskan hanya puluhan masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan setia harinya,” ujarnya.

Menurut mantan Kadisnakertrans Sumbawa ini, salah satu tujuan utama digratiskannya seluruh biaya kepengurusan administrasi kependudukan, memang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan.

Diakui atau tidak sambungnya, biaya yang dibebankan untuk kepengurusan administrasi kependudukan selama ini, yang mungkin menyebabkan sebagian masyarakat terutama dari kalangan ekonomi lemah enggan untuk mengurusnya.

Namun, menyalahkan biaya yang dibebankan sebelum adanya pengratisan ini sepertinya tidaklah adil. Sebab, kesadaran masyarakat yang masih kurang akan pentingnya dokumen kependudukan juga menjadi salah satu faktor penyebabnya, mengingat ada kecendrungan begitu dihadapkan pada kebutuhan yang mendesak barulah dokumen kependudukan ini diurus. “Semoga dengan adanya pengratisan ini masyarakat lebih termotifasi lagi untuk mengurus dokumen kependudukannya,” harap Doktor Ikhsan.

Lebih lanjut Doktor Ikhsan, menegaskan kebijakan pengratisan biaya kepengurusan administrasi kependudukan ini sosialisasinya masih dilakukan pihaknya secara administrative, sehingga belum semua masyarakat mengetahui hal ini.

Baca Juga  Ribuan PNS di Sumbawa Belum Miliki KPE

Untuk itu tanggal 3 Maret mendatang, Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, akan turun langsung ke kecamatan mensosialisasikan seluruh kebijakan tentang administrasi kependudukan ini, termasuk melakukan pelayanan langsung.

 

iklan bapenda