Pantau Kamtibmas Kapolda NTB Patroli Wilayah

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR
Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Brigadir Jenderal (Brigjend) Pol Drs Moechgiyarto SH M.Hum, berkunjung ke Polres Sumbawa, Senin (24/2). Kedatangan orang nomor satu di jajaran kepolisian di NTB ini sebagai rangkaian perjalanan patroli kewilayahan dari Sape—Taliwang untuk memantau Kamtibmas dan kesiapan anggotanya, terutama menjelang pesta demokrasi Pemilihan Legislative (Pileg) 2014. “Kondisinya biasa saja, dan kami melihat kesiapan anggota di jajaran Polres Sumbawa dalam menjaga kewilayahannya benar-benar dilaksanakan,” kata Moechgiyarto—akrab mantan Wakapolda Jatim ini disapa saat dicegat di Sumbawa Besar.

Secara umum, kata Moechgiyarto, NTB aman, tertib dan kondusif, meski terjadi riak-riak kecil yang berkaitan dengan gangguan toleransi. Namun hal itu bisa diatasi dan diredam dengan cepat sehingga tidak berkembang atau meluas. “Sesuai kebijakan saya, sekecil apapun permasalahan harus cepat kita padamkan, jangan sampai membesar,” tukasnya.
Salah satu upaya yang digalakkan di awal kepemimpinannya yang belum lama ini menggantikan Brigjend Pol Drs M Iriawan yang dipromosi sebagai Kapolda Jabar, adalah mendirikan Pos Pantau di sejumlah tempat yang dianggap rawan. Keberadaan Pos Pantau ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Dibuktikan dengan banyaknya dia menerima SMS dan telepon dari masyarakat yang meminta agar Pos Pantau tidak dicopot atau dicabut dari lingkungannya. “Padahal Pos Pantau itu bersifat dinamis dan bisa berpindah tempat untuk memantau daerah atau lingkungan yang dianggap rawan lalulintas, lakalantas, macet dan rawan pelanggaran,” bebernya.

Yang harus diketahui juga ungkap Moechgiyarto, Pos Pantau ini merupakan stimulan bagi masyarakat di tengah jumlah anggota polisi yang terbatas dalam menjangkau wilayah pengamanannya. Tentunya masyarakat harus termotivasi untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan wilayah melalui Siskamling. “Kalau Siskamlingnya sudah bergerak dan mantap, polisinya dapat bergerak ke tempat yang lain. Itulah sebetulnya konsep yang saya tanamkan,” ujarnya.

Baca Juga  Seloto dan Lamusung Kekeringan, Polres KSB Distribusi Air Bersih  

Menyinggung pelaksanaan Pileg 2014, Kapolda NTB Moechgiyarto meminta masyarakat memanfaatkan momen tersebut dengan memilih pemimpin nasional yang pro rakyat, dan tidak salah pilih yang membuat munculnya penyesalan selama lima tahun. “Cari calon yang memiliki integritas yang baik, dan memiliki program yang pro rakyat,” sarannya.
Namun yang paling penting, masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban sehingga situasi tetap kondusif dan pesta demokrasi berjalan jujur, damai, aman tertib dan lancar.

iklan bapenda