Gempa 5,3 SR Guncang Sumbawa

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/02/14)
Warga yang berdomisli di wilayah Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa, cukup dibuat panik. Meski tidak terlalu terasa, namun gempa yang mengguncang wilayah Kota Sumbawa dan sekitarnya, Senin (24/2) dinihari sekitar pukul 04.21 WIB atau pukul 05.21 Wita, menyebabkan warga terutama di lingkungan RT 01 RW 02, sempat ke luar rumah. Mereka khawatir akan ada gempa susulan yang lebih besar. “Saya sempat tak percaya ada gempa, selain tak begitu terasa juga berlangsung sangat cepat. Tapi saya kabur juga keluar rumah,” ujar Nona—salah seorang setempat.

Sejumlah tetangganya pun ikut juga keluar rumah. Bahkan ada di antaranya yang mengaku meski tidak mengetahui ada gempa tapi terlihat sangat panic. “Saya jadi ikut-ikutan panic dan keluar rumah. Padahal saya gak tau ada gempa,” timpal Sri—ibu rumah tangga lainnya.

amdal

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumbawa, Agus Purnomo SP yang dihubungi SR tadi pagi, menyebutkan gempa tersebut berada di 9.85 LS—118 BT dengan kekuatan (magnitude) 5,3 SR dan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berjarak 128 kilometer tenggara Sumbawa, 152 kilometer barat daya Bima, dan 153 KM barat daya Dompu. Gempa tersebut berskala 1 MMI, kategori ringan karena banyak orang yang tidak merasakannya.

Gempa ini ungkap Agus—akrab pejabat ini disapa, tidak berpotensi tsunami sehingga masyarakat terutama di wilayah pesisir perairan Sumbawa diharapkan tidak panik. Dan sejauh ini juga belum ada laporan korban dan kerusakan yang dialami akibat gempa tersebut.

iklan bapenda
Baca Juga  Senam Sehat untuk Hari Cuci Tangan Sedunia