Terima Mahasiswa Baru, SMAN 1-UMY Jalin MoU

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR
Pelajar di Pulau Sumbawa yang ingin melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah khususnya di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), tak perlu lagi jauh-jauh berangkat ke Yogyakarta.
Pasalnya, mulai tahun ini seluruh proses pendaftaran, tes seleksi hingga pengumuman calon mahasiswa yang diterima atau tidak bisa dilakukan langsung di SMA Negeri 1 Sumbawa.

Itu dikarenakan salah satu sekolah unggulan dalam Kota Sumbawa tersebut, mendapat kehormatan menandatangani kerjasama (MoU) penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Computer Based Tes (CBT).
Untuk diketahui, di NTB hanya ada 3 sekolah yang melakukan MoU dengan salah satu universitas ternama di Kota Gudeg itu. Selain SMA 1 Sumbawa, kerjasama ini dilakukan juga dengan SMA 1 Selong dan SMA 5 Mataram.
Ditemui SR, beberapa waktu lalu saat berkunjung ke SMA 1 Sumbawa, Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY, Dr Siti Dyah Handayani, MM, mengatakan dengan adanya kerjasama ini diharapkan semakin memudahkan calon mahasiswa di Pulau Sumbawa, untuk mendaftar dengan tidak perlu lagi datang ke Yogyakarta.

amdal

Menurut Dyah—sapaan akrab Dosen Program Manajemen Fakultas Ekonomi itu, ada beberapa pertimbangan mengapa pihaknya menjatuhkan pilihan kepada SMA 1 Sumbawa, untuk MoU penerimaan mahasiswa baru ini.
Hubungan harmonis yang sudah terjalin cukup lama, termasuk kualitas mumpuni dari alumninya yang sudah terbukti menjadi alasan utama mengapa pihak UMY lebih memilih melakukan MoU dengan SMA 1 Sumbawa, ketimbang sekolah lainnya yang ada di Pulau Sumbawa. “Prestasi siswa SMA 1 Sumbawa sudah teruji. Di UMY sudah banyak alumni di sekolah ini yang diterima. Kualitasnya tak bisa diragukan lagi bahkan ada diantaranya yang mendapat beasiswa,” kata Dyah tanpa bermaksud memuji.

Baca Juga  ACFFest 2015, Upaya Pelibatan Masyarakat untuk Cegah Korupsi

Semua fakultas sambungnya, dapat didaftar di SMA 1 Sumbawa kecuali untuk pendaftaran Fakultas Kedokteran, masih dilakukan di kampus induk. “Pendaftaran sudah bisa dilakukan sekarang sampai tanggal 23 Agustus 2014. MoU ini berlangsung sampai 3 tahun. Setelah itu kita akan evaluasi lagi,” tukasnya.

Dipilih menjadi pusat pendaftaraan calon mahasiswa di Pulau Sumbawa, Kepala SMA 1 Sumbawa, Fahrizal, SPd, MPd, mengaku bangga karena adanya kerjasama ini dapat membantu dan mempermudah pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya di UMY. Keuntungan lainnya, calon mahasiswa dapat menghemat biaya. “Jadi mulai sekarang calon mahasiswa yang ada di Pulau Sumbawa tidak perlu jauh-jauh lagi ke Yogya. Datang saja ke SMA 1 Sumbawa, semua proses pendaftaran, tes seleksi hingga pengumuman bisa dilakukan langsung disekolah kami,” ujarnya.

Dijelaskan Ical—sapaan akrabnya, MoU ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan SMA 1 Sumbawa ke UMY setahun yang lalu, untuk mencari peluang kerjasama yang baik untuk dapat dijalin. “Alhamdulillah, sekarang sudah ada hasilnya melalui kerjasama penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Computer Based Test (SBT),” tegasnya.
Kedepapn Ical, berharap kerjasama ini tidak hanya sebatas penerimaan calon mahasiswa baru saja, tetapi ada juga dalam bentuk peningkatan kompetensi guru.

iklan bapenda