5.197 Peserta UN SMA/MA/SMK Tahun 2014

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR
Sebanyak 5197 pelajar di Kabupaten Sumbawa, tercatat sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2014. Mereka terdiri atas 3049 pelajar SMA, MA (688) dan SMK (1460).

Khusus untuk jenjang menengah ini ungkap Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, M Ali HK, SPd, MPd, ada 51 sekolah penyelenggara ujian yakni 23 SMA, 14 MA dan 14 SMK.
Bila dibanding tahun lalu, jumlah peserta ujian tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tahun 2013 lalu, peserta ujian tingkat menengah ini sebanyak 3479 siswa. “Angka peserta ujian ini bisa saja berkurang karena dalam perjalan nanti tidak menutup kemungkinan ada yang pindah, tersangkut masalah hukum atau meninggal dunia,” ujarnya.

amdal

Dalam pelaksanaan ujian yang akan digelar tanggal 14—17 April mendatang ini, Dinas Diknas sudah membagi 7 Rayon untuk SMA/MA dan 3 Rayon bagi SMK. Pembagian Rayon ini terang Ali, dimaksudkan untuk mempermudah sosialisasi dan distribusi soal ujian.
Disinggung tentang standar kelulusan mantan Kepala SMA 2 Sumbawa ini menegaskan, masih sama seperti tahun sebelumnya yakni 5,05 dimana nilainya diambil dari 40% Ujian Sekolah dan 60% Ujian Nasional.

Tidak hanya standar, pola UN juga masih sama dimana untuk satu ruang yang terdiri 20 peserta ada 20 paket soal yang diberikan. Dasar penetuan kelulusan juga tidka berubah tetap mengacu pada 4 hal pertama, berskeolah secara terus menerus dari kelas X sampai XII, kedua, selama bersekolah berkelakuan baik atau tidak ada catatan kepolisian, ketiga, lulus Ujian Sekolah dan terakhir lulus Ujian Nasional. “Untuk persialan ujian semua sekolah sekarang sudah melakukan pengayaan dan remedial. Kami minta sekolah memeprsiapkan diri sebaik mungkin agar kelulusan kita tahun ini lebih baik lagi,” pintanya.

iklan bapenda
Baca Juga  Sumbawa Bentuk Gugus Tugas Pencegahan TPPO