Home / HukumKriminal / Empat Kapolres di Jajaran Polda NTB Diganti

Empat Kapolres di Jajaran Polda NTB Diganti

MATARAM, SR (13/2/2020)

Empat jabatan Kapolres di lingkup Polda NTB diganti. Pergantian ini ditandai dengan acara serah terima jabatan (Sertijab) yang berlangsung di Ballroom Hotel Lombok Vaganza, Kamis (13/2/2020). Sertijab yang dipimpin Kapolda NTB ini dihadiri Waka Polda, Irwasda, PJU Polda, Kapolres jajaran Polda NTB, Ketua Daerah Bhayangkari NTB beserta staf, Pamen, Pama, Brigadir dan ASN Polda NTB.

Dalam sertijab itu, Kapolres Sumbawa Barat (KSB) kini dijabat AKBP Herman Suryono SIK, MH menggantikan AKBP Mustofa SIK MH yang menjabat Kapolres Lubuk Linggau Polda Sumsel. Sebelumnya AKBP Herman Suyono menjabat sebagai Kapolres Lombok Utara. Untuk jabatan Kapolres Lombok Utara yang ditinggalkannya diisi AKBP Fery Jaya Satriansyah SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 1 Ditreskrimsus Polda NTB. Selanjutnya, Kapolres Lombok Timur, AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK ditarik ke Mabes Polri menjabat Kasubbag Opsnal Lat Bagjarlat Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Penggantinya adalah AKBP Tunggul Sinatrio SIK., MH yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumbawa. Kini Kapolres Sumbawa dijabat AKBP Widy Saputra SIK yang sebelumnya Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda NTB.

Selain empat jabatan Kapolres, juga dilakukan sertijab untuk jabatan lainnya. Karorena Polda NTB dari Kombes Pol Agus Santoso SH, SIK diserahkan kepada Kombes Pol Sugito, SH yang sebelumnya Karorena Polda Bengkulu. Selanjutnya Kombes Agus Santoso mendapat jabatan yang sama di Polda Sumsel. Kemudian Dirreskrimum Polda NTB Kombes Pol Kristiaji SIK ditarik ke Mabes menjadi Penyidik Tindak Pidana Madya Tingkat II Bareskrim Polri. Posisinya di Polda NTB diisi Kombes Pol Hari Brata SIK yang sebelumnya Wadir Reskrimum Polda Jabar.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs Tomsi Tohir M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa mutasi dalam lingkungan Polri merupakan hal biasa sebagai bentuk pembinaan karier terhadap personil itu sendiri. Selain itu juga dimaknai sebagai salah satu upaya pimpinan memotivasi personel dalam melaksanakan tugas pokoknya sehingga tujuan organisasi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat tetap terjaga dengan baik.

Dalam kesempatan itu Kapolda mengingatkan bahwa ke depan dihadapkan tugas yang cukup berat yakni Operasi Kontijensi Aman Nusa II Gatarin 2020 dan Pilkada serentak yang dilaksanakan di NTB yaitu 1 Kota Madya dan 6 Kabupaten. Sesuai dengan amanah Undang-Undang, Polri diberikan tanggung jawab untuk menjamin rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sehingga pada pelaksanaan Operasi Kepolisian tersebut mampu meredam hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan Provinsi NTB.

Kapolda NTB menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik juga mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru dan diharapkan segera menyesuaikan diri dengan  lingkungan kerja serta meneruskan upaya positif yang telah dilakukan oleh pejabat sebelumnya. Selain itu segera inventarisir faktor internal maupun eksternal dan tentukan cara bertindak tepat sesuai tupoksi masing-masing.

Kapolda NTB juga menekankan beberapa hal kepada pejabat baru, antara lain segera membuat program strategis internal maupun eksternal yang mengacu pada program prioritas Kapolri dan Kapolda NTB dengan menyesuaikan tupoksi masing-masing. Tampilkan profil pemimpin yang unggul, bertanggung jawab yang mencerminkan jiwa ketauladanan, serta menjadi konsultan bagi bawahan dan masyarakat. Mempersiapkan agenda operasi kontijensi Aman Nusa II Gatarin 2020 dan pengamanan Pilkada serentak 2020. Kepada Ibu-ibu Bhayangkari yang sudah mendampingi suaminya selama bertugas di NTB diharapkan mendukung sepenuhnya dimanapun suami bertugas. (SR)

Lihat Juga

Diteriaki, Pencuri Motor Gugup dan Jatuh di Sawah

LOMBOK TIMUR, SR (21/2/2020) Nasib sial dialami Sukri (35). Residivis kasus curas dan curanmor asal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *