Home / Pemerintahan / KPU KSB Segera Buka Rekrutmen PPK

KPU KSB Segera Buka Rekrutmen PPK

SUMBAWA BARAT, SR (6/1/2020)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan segera membuka pendaftaran untuk perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Untuk pengumuman pendaftaran di media massa, dijadwalkan mulai tanggal 15 hingga 17 Januari. Sementara penerimaan pendaftaran di KPU dimulai tanggal 18 hingga 24 Januari. “Pembentukan PPK kita lakukan sesuai amanat Peraturan KPU RI nomor 3 tahun 2018. Seperti biasanya, kita rekrut anggota PPK 5 orang untuk masing-masing kecamatan dengan masa kerja mulai Februari 2020,” ujar Ketua KPU KSB, Denny Saputra, S.Pd, 6 Januari 2020.

Saat ini, lanjut Denny, KPU KSB sedang menyiapkan regulasi yang berkaitan tentang syarat dan ketentuan lainnya. Selain itu, KPU juga akan membentuk tim panitia seperti Kelompok Kerja (Pokja). “Saat ini kita sedang godok regulasinya. Tim panitia perekrutannya juga kita akan bentuk,” jelas Denny.

Meski kabar perekrutan anggota PPK jauh hari telah disampaikan melalui sosialisasi, ia tak menampik bahwa, di kecamatan tertentu biasanya tingkat partisipasi untuk menjadi penyelenggara relatif rendah. “Karena itu, KPU dalam waktu dekat juga akan menggelar Rakor dengan pemerintah kecamatan dan desa, sehingga antusias menjadi bagian dari penyelenggara pemilu,” ujar Denny.

Seperti diketahui, ada 11 syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota PPK. Di antaranya warga Negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila, UUD 1945 dan cita cita proklamasi 17 Agustus 1945. Selain itu, PPK juga dituntut untuk mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil. Tidak menjadi anggota Parpol dibuktikan dengan surat keterangan, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, mampu secara jasmani dan rohani, berpendidikan paling rendah SMA, tidak pernah dipidana, tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap dari KPU dan belum pernah menjabat dua periode sebagai PPK. (HEN/SR)

Lihat Juga

Bangun Transparansi, UNSA dan Ombudsman Inisiasi Diskusi Publik

SUMBAWA BESAR, SR (21/2/2020) Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah mengapresiasi kerjasama Ombudsman RI Perwakilan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *