Home / Pemerintahan / KPU KSB Launching Tahapan Pilkada 2020

KPU KSB Launching Tahapan Pilkada 2020

SUMBAWA BARAT, SR (30/11/2019)

Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat resmi memulai seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Ditandai dengan launching bersama antara Pemkab Sumbawa Barat, KPU, Bawaslu, Polres, Kodim 1628/SB serta Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Sumbawa Barat, di Taman Tiang Nam pusat kota Taliwang, Sabtu (30/11/2019) sore.

Ketua KPU KSB, Denni Saputra, S.Pd dalam sambutannya mengatakan secara nasional tahapanan Pilkada serentak sudah dimulai termasuk Kabupaten Sumbawa Barat sejak dilaunching pada hari ini, 30 November 2019. “Acara launching dan peluncuran saat ini menandakan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB siap dilaksanakan 23 September 2020 mendatang,” kata Denny.

Ia menyampaikan apresiasi kepada sekolah yang telah menghadirkan murid-muridnya untuk memeriahkan kegiatan launching ini. Dia juga berpesan agar peserta launching bisa menyampaikan pesan ke masyarakat bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 sudah dimulai dan tahapan berjalan.

Langkah selanjutnya pasca launching adalah perekrutan panitia pemungutan suara serta sosialisasi berbagai aturan pemilu. Namun yang terpenting menurut Denny adalah keterlibatan masyarakat dalam Pilkada khususnya pemutahiran data pemilih. “Semua warga Sumbawa Barat yang secara administrasi memiliki KTP, KK bahkan suket pastikan sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap serta dapat memberikan masukan kepada PPDP atau PPS kami pada saat pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. Sehingga data pemilih kita makin valid,” katanya.

Denny yakin jika masyarakat dan semua pihak proaktif dalam pilkada tahun depan maka target partisipasi masyarakat bisa naik diatas 80 persen dari pemilu serentak 2019. “Kita bukan hanya akan memilih dan menentukan pemimpin Sumbawa Barat untuk 5 tahun kedepan, namun kita semua akan mendesain, menjadi saksi dan melaksanakan Pilkada itu secara bersama-sama. Maka Pilkada tahun 2020 kita yakin dan mampu Sumbawa Barat pasti bisa, dan target kita harus di atas 80 persen partisipasi pemilih pada 23 september 2020,” tandas Denny.

Sementara terkait pendaftaran pasangan calon sambung Denny, baru akan dibuka pada tangga 16-18 Juni 2020. “Tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon bupati/wakil bupati jalur perseorangan pada tanggal 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020. Sedangkan pendaftaran pasangan calon itu tanggal 16-18 Juni 2020. Penetetapan calon tanggal 8 Juli 2020. Jadi kalau ada yang bertanya sudah berapa calon di Sumbawa Barat kami tidak bisa jawab karena masa pendaftarannya masih di Bulan Juni tahun depan. Lalu masa kampanye baru dilakukan mulai 11 Juli sampai 19 September 2020. Sehingga kalau ada namanya kampanye sekarang itu belum diatur,” tutur Denny. (HEN/SR)

Lihat Juga

Chairul Hudaya Jabat Rektor UTS, Andy Tirta Co Direktur Olat Maras Teknologi

SUMBAWA BESAR, SR (16/2/2020) Ir. Chairul Hudaya ST.,M.Eng.,Ph.D.,IPM resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Teknologi Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *