Home / HukumKriminal / Cegah Narkoba, Kadis Dikbud Instruksikan Sekolah Jalin MoU Dengan BNN

Cegah Narkoba, Kadis Dikbud Instruksikan Sekolah Jalin MoU Dengan BNN

SUMBAWA BESAR, SR (10/2/2020)

Pencegahan peredaran narkoba menjadi tanggung jawab bersama. Sebab barang haram itu sudah menyasar semua kalangan terutama para pelajar. Agar tidak terus terjadi yang mengancam masa depan generasi penerus bangsa, sekolah mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satunya melakukan MoU dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Namun belum semua sekolah menjalin kerjasama tersebut. Karena itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa harus turun tangan.

Kepala Dikbud setempat, H Sahril S.Pd mengaku sudah menginstruksikan seluruh sekolah khususnya jenjang SD dan SMP yang menjadi lingkup kewenangannya untuk melakukan upaya pencegahan peredaran narkoba sesuai tugasnya masing-masing. Salah satu caranya menjalin kerjasama dengan BNN. Sejauh ini mayoritas sekolah sudah melakukannya. Bagi yang belum kami dorong untuk menjalin kerjasama tersebut sebagai langkah sekolah mencegah dan meminimalisir kasus-kasus narkoba yang menjerat para pelajar. Selain itu diharapkan kerjasama dengan BNN, para pelajar dapat menjadi duta yang mengajak rekan pelajar lainnya untuk ikut membentengi lingkungan sekolah dari peredaran narkoba.

Tidak hanya kerjasama dengan BNN, Kadis Dikbud yang akrab disapa Haji Sahril, dapat bekerjasama dengan orang tua wali murid melakukan deteksi dini terhadap prilaku menyimpang siswa. “Kalau memang ada prilaku siswa yang tidak biasa, sekolah dan orang tua harus segera menindaklanjutinya, meski itu bukan karena pengaruh narkoba. Artinya, kita harus bersama-sama melakukan upaya antisipasi,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Sopir Taksi Online Curi Tas Terekam CCTV

BALI, SR (20/2/2020) Tim Opsnal Polsek Kuta Utara meringkus sopir taksi online berinisial SR (30) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *