Home / HukumKriminal / Jaksa Masuk Sekolah Sasar SMAN 1 Kota Mataram

Jaksa Masuk Sekolah Sasar SMAN 1 Kota Mataram

MATARAM, SR (10/2/2020)

Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Nanang Sigit Yulianto, SH., MH beserta Tim JMS (Jaksa Masuk Sekolah) menyambangi SMA 1 Kota Mataram NTB. Kedatangan tim tersebut disambut hangat Kepala SMA Negeri 1 Kota Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., beserta jajarannya. Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin Kajati NTB selaku Inspektur dengan peserta sekitar 1.090 orang terdiri siswa, guru dan tenaga tata usaha.

Dalam amanatnya, Kajati NTB menyampaikan bahwa kedatangan jajarannya sebagai bagian dari program Jaksa Masuk Sekolah (JMS). JMS merupakan program pembinaan masyarakat hukum dengan tujuan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat termasuk pelajar, agar dapat mengenal hukum secara dini sehingga terhindar dari masalah-masalah hukum atau berurusan dengan pihak berwajib. “Intinya kenali hukum dan jauhi hukuman,” tukasnya.

Kajati berpesan agar siswa rajin belajar, hindari pergaulan bebas, narkoba dan tawuran antar sekolah. Sebab para siswa SMA 1 Kota Mataram adalah generasi penerus dan harapan bangsa yang menentukan nasib bangsa ke depan. “Yang terpenting adalah pondasi agama yang dapat membentengi pribadi sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang akan merusak masa depan anak-anak semua. Tetap semangat belajar, semoga anak-anak berprestasi dan mempunyai masa depan yang baik,” pesannya.

Untuk diketahui JMS dipimpin Kasi Penkum Kejati NTB. Kegiatan itu bertema “Jelajah Hukum Bersama Generasi Mileneal”. Dalam kegiatan yang dihadiri 100 peserta ini, Tim JMS menerangkan materi tentang Pengenalan Hukum dan Sistim Hukum Indonesia, Fungsi Sentral Kejaksaan dalam Ketatanegaraan Indonesia, Narkotika dan Ancaman Pidananya, serta Bulying dan Cyber Crime. Materi ini disampaikan Kasi Penkum, Dedi Irawan SH MH dan Kasi E, M Arya Rosyif SH MH. Acara itu diikuti sangat antusias oleh para peserta. Ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pemateri.

Kepala SMA 1 Kota Mataram menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Program Jaksa Masuk Sekolah dan berharap dapat dilaksanakan kembali di sekolahnya. Ia berjanji akan melakukan kunjungan balik ke Kejati NTB dengan membawa beberapa siswa agar dapat mengenal para jaksa lebih dekat, baik dari tupoksi dan kewenangannya maupun keberadaan Kejaksaan Tinggi NTB pada umumnya. (SR)

Lihat Juga

Bangun Transparansi, UNSA dan Ombudsman Inisiasi Diskusi Publik

SUMBAWA BESAR, SR (21/2/2020) Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah mengapresiasi kerjasama Ombudsman RI Perwakilan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *