Home / HukumKriminal / Cegah Kaum Muda Terjerumus, FMHS UNRAM Sosialisasi Bahaya Narkoba

Cegah Kaum Muda Terjerumus, FMHS UNRAM Sosialisasi Bahaya Narkoba

SUMBAWA BESAR, SR (19/1/2020)

Kasus narkoba di wilayah Kabupaten Sumbawa sudah sangat memprihatinkan. Hampir tak memiliki limit waktu, ada saja kasus tersebut yang terungkap. Yang ditangkap beragam kalangan mulai dari PNS, petani, swasta, hingga kalangan mahasiswa dan pelajar termasuk pelajar SMP. Mereka sebagai pengguna, kurir, pengedar dan bandar. Karenanya Kabupaten Sumbawa kini menjadi daerah darurat narkoba. Prihatin terhadap kondisi tersebut Forum Mahasiswa Hukum Samawa (FMHS) Universitas Mataram (UNRAM) menginisiasi digelarnya sosialisasi Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P3N). Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMAN 3 Sumbawa Besar, Sabtu, 18 Januari 2020 tersebut bertema “Partisipasi Milenial Dalam P3N”. Hadir sebagai narasumber adalah Kabag Hukum Setda Sumbawa, Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan BNN Kabupaten Sumbawa, dengan peserta siswa-siswi SMA di daerah ini.

Ketua Umum FMHS UNRAM, Rizky Hidayat menjelaskan, kegiatan ini di selenggarakan karena keprihatinan teman-teman mahasiswa hukum Samawa dengan kondisi Indonesia yang darurat narkoba. Sebagaimana diketahui, banyak kasus narkoba yang melibatkan kaum muda, khususnya di Kabupaten Sumbawa. Ia berharap dengan sosialisasi ini mampu mengingatkan kembali para pelajar terhadap bahayanya narkoba baik dari sisi kesehatan maupun sisi hukum. “Jangan sekali kali menyentuh yang namanya narkoba,” katanya mengingatkan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Devo Trisnoadi mengatakan, darurat narkoba di Indonesia ini menimbulkan keprihatinan mereka sebagai mahasiswa. Karena itu kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum muda khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Di akhir kegiatan, mahasiswa yang tergabung dalam FMHS UNRAM dibantu tim BNN Sumbawa membagikan stiker “Stop Narkoba” kepada pengendara yang melintas di depan SMA 3 Sumbawa Besar. “Kegiatan ini sangat positif, mengingat keadaan negara kita saat ini darurat narkoba. Apa yang telah dilakukan FMHS secara tidak langsung membantu tugas BNN, karena memang pemberantasan narkoba untuk menyelamatkan generasi mendatang ini adalah tugas bersama,” pungkas Nursyafruddin A.Md, perwakilan BNN Kabupaten Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

Dua Spesialis Pencuri Mesin Sampan Ambruk Ditembak

LOMBOK TIMUR, SR (21/2/2020) AR (40) dan RA (34) keduanya warga Pujut Lombok Tengah, dibuat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *