Home / Ekonomi / Kuliner Gratis untuk Rakyat di HUT Kabupaten Sumbawa
Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, H. Tajuddin SH

Kuliner Gratis untuk Rakyat di HUT Kabupaten Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (16/1/2020)

Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa ke-61 tinggal beberapa hari lagi. Dalam memeriahkan hari jadinya bertepatan dengan tanggal 22 Januari 2020 ini, panitia HUT Kabupaten Sumbawa akan menggelar berbagai kegiatan. Selain itu kegiatan bertema “Berani Bersih, Hebat” yang diimplementasikan dengan gerakan masyarakat “Ingo Roro Kokat” ini dikemas sedikit berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. HUT kali ini lebih merakyat dan jauh dari kesan eksklusifitas. Sebab masyarakat akan dilibatkan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, H. Tajuddin SH dalam keterangan persnya, Rabu (15/1), menyebutkan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Sumkbawa telah disusun. Diawali dengan Pelepasan Kirab Pataka Lambang Kabupaten di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (16/1/2020). Selanjutnya Jumat—Minggu (17—19/1/2020) digelar Festival UMKM dan BUMDes. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Pahlawan Sumbawa. Pada Hari Jumat (17/1) itu juga dilaksanakan 61 menit “Gerakan Ingo Roro, Kokat” yang digelar serentak di seluruh kecamatan yang dipimpin camatnya masing-masing. Gerakan ini salah satu bentuk dukungan pelaksanaan program Zero Waste yang giat dicanangkan Pemerintahan Zul—Rohmi. Demikian juga dalam upaya mendukung gerakan penyelamatan hutan, di momen HUT Kabupaten Sumbawa ini dilaksanakan kegiatan penghijauan, Sabtu (18/1/2020). Kegiatan yang dipusatkan di Bukit Sampar Maras Kecamatan Badas ini bekerjasama dengan KPH Batu Lanteh dan Green Community.

Hari Minggunya, 19 Januari, panitia menyelenggarakan Jalan Sehat dan Donor Darah di Lapangan Pahlawan. Selain dapat sehatnya, masyarakat bisa membawa pulang hadiah menarik karena Panitia menyediakan doorprize. Esok harinya, Senin, 20 Januari, penerimaan Pataka Lambang Kabupaten di Lapangan Pahlawan yang dirangkaikan dengan Festival Forum Komunikasi Lintas Etnis. Rabu, 22 Januari sekaligus puncak kegiatan, beragam acara digelar mulai pagi hingga sore hari. Dari Hoops Dream Coacing Clinic Basketball di Lapangan Basket SMANIKA dan GOR Mampis Rungan, menghadirkan atlit nasional Kemudian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Yatim di Kelurahan Brang Biji, dan Launching Desa Berdaya Bersama Rumah Zakat di Reban Pungka Kecamatan Unter Iwis. Di hari yang sama pada pagi harinya, dilaksanakan acara Tablig Akbar bertajuk “Sumbawa Bersyukur” dengan menghadirkan Ustadz Wijayanto, dan Penampilan Penyanyi Religi, Nissa Sabiyan. Bertepatan dengan kegiatan ini juga dilaksanakan Deklarasi Riam Remo. Semua etnis menandatangani deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen mereka dalam menjaga kemanaan dan kondusifitas daerah. Di sekitar lokasi acara, lanjut Tajuddin, panitia menyediakan berbagai macam kuliner yang disediakan gratis untuk masyarakat. Di sudut timur, kuliner disediakan oleh desa dan kelurahan. Sedangkan di sudut barat, disediakan oleh dinas/instansi. “Ini semua sebagai bentuk rasa syukur atas capaian-capaian pembangunan yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Semoga semua kegiatan ini berlangsung aman dan lancar, serta kondusifitas daerah tetap terjaga,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Dari 75 ODP di Sumbawa Kini Tersisa 20 Orang

SUMBAWA BESAR, SR (29/3/2020) Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *