Home / Ekonomi / Empat Kali Teguran Camat Tidak Digubris, Pol PP Turun Tangan

Empat Kali Teguran Camat Tidak Digubris, Pol PP Turun Tangan

SUMBAWA BESAR, SR (11/1/2020)

Sepanjang jalan negara dalam Kota Kecamatan Plampang kini dipadati para pedagang. Keberadaannya dinilai sangat mengganggu, selain tidak pada tempatnya juga salah satu yang menjadi pemicu kemacetan. Beberapa kali Camat Plampang memberikan himbauan termasuk empat kali surat teguran. Namun para pedagang tak bergeming. Akhirnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas PU Kabupaten Sumbawa turun tangan, Jumat (10/1/2020) kemarin. Sejumlah pedagang itu dikumpulkan di Kantor Camat setempat. Dalam pertemuan itu hadir pihak Polsek dan Posramil Plampang.

Dalam pertemuan itu Kadis Pol PP Sumbawa yang diwakili Kasi Penyidik, Suparman mengatakan bahwa kehadirannya untuk menginformasikan Peraturan Daerah (Perda) No. 15 Tahun 2018 tentang Ketentraman dan Ketertiban. Menurutnya, keberadaan lapak di sepanjang jalan negara itu melanggar aturan. Karena itu pihak meminta kesadaran para pedagang untuk berkemas dan mencari lokasi lain. Jika tidak digubris, maka dalam waktu sesingkat-singkatnya akan melakukan pembongkaran paksa lapak-lapak tersebut.

Sementara perwakilan Bidang Penataan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Sumbawa menegaskan secara aturan semua lapak di lokasi itu menyalahi ketentuan. Karena memanfaatkan lokasi jalan protokol atau jalan lintas negara dalam kota adalah pelanggaran.

Camat Plampang Abdul Haris S.Sos kepada Wartawan SAMAWAREA Biro Sumbawa Timur mengaku sudah empat kali memberikan surat teguran kepada para pedagang yang beraktifitas di kawasan jalan negara depan perkantoran dan rumah ibadah. Teguran ini disampaikan untuk melaksanakan Perda No. 15 Tahun 2018 dan surat pengaduan resmi masyarakat mengenai adanya lapak permanen depan perkantoran dan rumah ibadah tersebut. Keberadaannya dinilai menganggu kenyamanan dan ketertiban. “Karena tidak ada itikad baik, akhirnya masalah itu kami limpahkan untuk ditangani Satpol PP sebagai institusi penegak Perda,” tandasnya. (BUR/SR)

Lihat Juga

Sopir Taksi Online Curi Tas Terekam CCTV

BALI, SR (20/2/2020) Tim Opsnal Polsek Kuta Utara meringkus sopir taksi online berinisial SR (30) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *