Home / Politik / Soal Pilkada Sumbawa, Rafiq Tegaskan Tunduk Terhadap Keputusan Partai

Soal Pilkada Sumbawa, Rafiq Tegaskan Tunduk Terhadap Keputusan Partai

SUMBAWA BESAR, SR (7/1/2020)

Sejauh ini belum ada keputusan DPP PDI Perjuangan siapa yang akan diusung pada Pilkada Sumbawa 2020. Ini akan ditentukan pada Rakernas PDIP mendatang. Namun demikian sudah muncul nama yang santer diberitakan belakangan ini. Adalah H. Lalu Budi Suryata SP sebagai calon alternative menggantikan HM Husni Djibril B.Sc. Calon alternative ini merupakan hasil rapat PDIP melalui Tim Desk Pilkada dengan PKS sebagai mitra koalisi. Hasil rapat inilah yang dibawa ke DPP sebagai dasar untuk menetapkan siapa yang diusung pada Pilkada Sumbawa.  Hal inilah memunculkan reaksi HM Husni Djibril B.Sc politisi senior PDIP yang masih menjabat sebagai Bupati Sumbawa.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, A. Rafiq yang dicegat wartawan usai menghadiri pelantikan 134 Pejabat Structural Lingkup Pemkab Sumbawa di Lantai III Kantor Bupati, Selasa (7/1/2020), tidak berkomentar banyak. Ia hanya menegaskan bahwa sebagai kader dan Ketua DPC PDIP Sumbawa tunduk terhadap apapun keputusan DPD PDIP NTB yang akan menjadi keputusan DPP. “Saya sebagai kader tentu harus tunduk dan taat terhadap apapun yang menjadi keputusan DPD insya Allah juga akan menjadi keputusan DPP,” tegasnya singkat.

Sementara Sekretaris DPD PDIP NTB, H Lalu Budi Suryata SP mengatakan bahwa DPD PDIP NTB membentuk Desk Pilkada. Desk Pilkada ini diketuai oleh Dr. Ir. HW. Musyafirin MM (Bupati Sumbawa Barat) beranggotakan HL. Budi Suryata SP, Drs. H. Ruslan Turmudzi, H. Raden Nuna Abriadi S.Ip, dan A. Rafiq (Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa). Dijelaskan Haji Budi, Desk Pilkada dihajatkan untuk mengevaluasi dan menganalisis peta politik Pilkada dan Pilwalkot di NTB. Setelah melalui investigasi di lapangan serta survey-survey, maka Desk Pilkada DPD PDI Perjuangan Propinsi NTB merekomendasikan beberapa hal. Di antaranya membangun koalisi PDI perjuangan dan PKS dalam Pilkada dan Pilwalkot Propinsi NTB. Mendorong pencalonan H. Husni Jibril–Dewi Noviany (Novi) dalam Pilkada di Sumbawa 2020. Mendorong calon alternatif yang akan dipasangkan dengan Novi. Kemudian Tim Desk Pilkada mengundang Haji Husni Jibril untuk melakukan klarifikasi atas hasil analisa Pilkada Kabupaten Sumbawa. Namun Bupati Sumbawa itu menolak kajian dan analisis Pilkada yang dirumuskan Desk Pilkada.

Konsekwensi dari sikap Haji Husni tersebut, akhirnya memunculkan nama H. Lalu Budi Suryata SP sebagai bakal calon alternatif dari PDI Perjuangan. Keputusan ini diambil dalam rapat di Pendopo Gubernur yang dihadiri oleh Tim Desk Pilkada NTB, H. Rahmat Hidayat, Gubernur dan timnya, yang memutuskan calon alternatif tersebut. (JEN/SR)

Lihat Juga

Harga Gula Menggila, DPR: Ini Permainan Mafia

JAKARTA (20/2/2020) Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin mengatakan kelangkaan gula pasir di pasar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *