Bangun 1.632 Rumah Berkualitas, PRKP Sumbawa Lampaui Target 

oleh -77 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (8/12/2019)

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Sumbawa berhasil melampaui target meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH). Dari target yang ditetapkan dalam RPJMD, peningkatan kualitas perumahan dan kawasan permukiman mencapai 500 unit per tahun. Namun pada tahun ini, PRKP sudah menangani sebanyak 1.632 unit rumah. “Alhamdulillah melampaui dari 100 persen,” ucap Kepala Dinas PRKP Sumbawa, Drs Burhanuddin MT., MTP saat Bincang Pembangunan Bersama Pers di Pantai Baru, Sumbawa, Sabtu (7/12).

Pembangunan ribuan RTLH ini ungkap Burhanuddin, dibiayai dari 5 sumber yakni APBN yang dikelola SNPT melalui program BSPS sebesar Rp 10 miliar untuk 632 unit rumah, DAK yang saat ini sedang berproses, dana Provinsi, dan APBD Sumbawa termasuk tambahan untuk rumah khusus bagi nelayan di Ai Bari, Pulau Kaung dan Tarano. Pada tahun ini juga telah dianggarkan pembangunan 443 unit rumah melalui bantuan social yang saat ini sedang berjalan dan sudah mencapai 75 persen. Selain itu Bupati juga mengintervensi pemerintah desa untuk mengalokasikan dana desanya bagi pembangunan 5 unit rumah di tiap-tiap desa setiap tahunnya.

Baca Juga  Kisah Anak Indonesia Dipentaskan di Australia

Selain perumahan dan pemukiman, lanjut Burhanuddin, PRKP juga menangani air bersih dan sanitasi yang sebagian besar anggarannya disupport dari APBN. Dalam RPJMD Kabupaten Sumbawa ditargetkan 84 persen cakupan untuk air bersih dan 75 persen untuk sanitasi. Seperti halnya perumahan, penanganan air bersih dan sanitasi juga melebihi target. “Air bersih sudah mencapai 86 persen dan sanitasi 83 persen,” sebutnya.

Ini dari segi cakupan, karena berbicara tentang sanitasi dan air bersih itu berkaitan dengan kualitas. Yakni air minum aman dan sanitasi aman. Untuk mencapai hal itu ada beberapa indicator yang harus dipenuhi, seperti air langsung bisa diminum, dan jaraknya tidak jauh atau mengalir masuk ke rumah. “Inilah yang masih kita upayakan, kita akan atur strategi untuk mencapainya,” pungkas Burhanuddin. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *