Home / Ekonomi / Gantikan Tarunawan, Repi Narkhoda Baru PERHIPTANI Sumbawa

Gantikan Tarunawan, Repi Narkhoda Baru PERHIPTANI Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (23/11/2019)

Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Sumbawa kini memiliki nakhoda baru. Hal ini terungkap dalam Musyawarah Daerah ke-3 yang dirangkaikan dengan Temu Kangen bagi para “punggawa” Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) yang kini sudah tidak ada lagi. Pada kegiatan bertema “Bangga Jadi Penyuluh, Bersaudara Selamanya” ini, Repi S terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PERHIPTANI Sumbawa untuk periode 2019—2024 menggantikan Tarunawan S.Sos SP. Proses Musda sendiri berlangsung singkat. Diawali dengan pembentukan tim formatur sebanyak 5 orang yang mewakili unsur wilayah timur, selatan, barat dan tengah serta perempuan. Tim formatur bermusyawarah untuk memilih calon Ketua untuk dipilih peserta. Dalam prosesnya, tim formatur secara aklamasi memilih Repi S yang sebelumnya Sekretaris PERHIPTANI periode 2013–2018, untuk ditetapkan sebagai Ketua, Samsul Hidayat sebagai Wakil Ketua, Endah Yuniati Prihantari sebagai Sekretaris, Wakil Sekretaris Rahmi Musyafir dan sebagai Bendahara Nur Intan Komalasari.

Repi sebagai Ketua terpilih dalam sambutan pertamanya berkomitmen untuk menjadikan PERHIPTANI sebagai wadah yang bisa menyuarakan aspirasi penyuluh pertanian. Dan dalam waktu sepekan ke depan, akan lengkapi struktur kepengurusan. “Sesungguhnya saya adalah yang paling lemah di antara para Sahabat semua, untuk itu tolong kuatkan saya dengan cara mendukung selama apa yang saya lakukan adalah baik untuk organisasi kita,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Umum PERHIPTANI Kabupaten Sumbawa periode 2013-2018, Tarunawan S.Sos SP dalam laporan pertanggungjawaban menyampaikan, sebenarnya kepengurusan ini berakhir pada September 2018. Tetapi karena berbagai kendala teknis dan disepakati oleh semua pengurus dan anggota, maka kepengurusan ini diperpanjang selama satu tahun. Karena itu, pada hari ini Sabtu (23/11), tujuan utama Musda ke-3 adalah memilih Ketua Umum PERHIPTANI Kabupaten Sumbawa masa bhakti 2019-2024. “Saya berharap, pengurus yang baru nanti bisa lebih baik dari periode sebelumnya,” ujarnya.

Repi dan Bang Jo

Musda yang dipusatkan di Kebun Ariella Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes ini turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir. Sirajuddin. Selain itu juga dihadiri anggota Komisi IV DPR-RI dari dapil NTB-1 (Pulau Sumbawa), Johan Rosihan, ST.

Dalam sambutan singkatnya, Bang Johan, sapaan akrab anggota DPR putra asli Empang Sumbawa ini menyampaikan, dalam perkenalannya dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan, program jangka pendek Kementerian Pertanian adalah kostratani (Komando Strategis Pertanian). Untuk itu, ujung tombak dari pembangunan pertanian adalah penyuluh. Untuk itu penyuluh harus diperhatikan kesejahteraannya. Karena bagaimana mungkin penyuluh dapat mensejahterakan para petani binaan jika penyuluhnya tidak sejahtera. “Kami juga sudah menyuarakan agar penyuluh pertanian ditarik satu komando ke pusat. Karena sejak Bakorluh bubar, hanya tersisa penyuluh pertanian yang tinggal di kabupaten/kota. Penyuluh kehutanan ditarik ke provinsi, penyuluh perikanan ditarik ke pusat. Selain itu, kami telah meminta agar Pak Menteri memperhatikan nasib teman-teman THL-TBPP. Karena saat ini penyuluh THL telah dinyatakan lulus sebagai ASN-PPPK tapi belum bisa dibayarkan karena mereka belum mendapatkan SK akibat belum ada payung hukum,” beber Bang Johan.

Di akhir sambutannya, politisi PKS ini meminta agar dimasukkan ke group-group WA penyuluh, supaya langsung bisa berinteraksi dan menyerap aspirasi dari teman-teman penyuluh yang setiap hari bertemu langsung dengan petani. (SR)

 

Lihat Juga

Wakil Gubernur Canangkan Gerakan Save Teluk Bima

BIMA, SR (8/12/2019) Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mencanangkan Gerakan Save Teluk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *