Home / Pemerintahan / Bupati: Sukses Pilkada Berdampak pada Keberlangsungan Pembangunan Daerah

Bupati: Sukses Pilkada Berdampak pada Keberlangsungan Pembangunan Daerah

SUMBAWA BESAR, SR (23/11/2019)

Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 memiliki makna penting bagi penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Sumbawa, sehingga secara keseluruhan diharapkan rangkaian pesta demokrasi dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan sukses. Sebab sukses atau tidaknya pemilihan kepala daerah ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan, pemerintahan, dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini, bahkan di negara pada umumnya. Demikian diungkapkan Bupati Sumbawa yang diwakili Sekda, Drs. H. Hasan Basri MM saat Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 yang digelar KPU Sumbawa, Sabtu (23/11/2019).

Untuk diketahui, ungkap Bupati, Pilkada yang akan dilaksanakan nanti merupakan bagian dari pembangunan politik dan demokrasi di masyarakat. Pembangunan bidang politik itu sendiri merupakan bagian integral dari pembangunan bangsa dan negara, yang antara lain diarahkan untuk memperkuat keberadaan dan kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bertumpu pada bhinneka tunggal ika. Pembangunan bidang politik juga diarahkan untuk mengembangkan sistem politik nasional yang berkedaulatan rakyat, demokratis, dan terbuka, serta mengembangkan kehidupan partai yang tetap menghormati keanekaragaman aspirasi politik. Inilah makna inti dari demokrasi tersebut, yaitu bersedia menerima dan menghargai perbedaan secara terbuka dan bertanggungjawab.

Dalam konteks ini, lanjut Bupati, keberadaan semua unsur pelaksana Pilkada dari tingkat pusat sampai ke tingkat paling bawah memiliki peran yang sangat strategis bagi tujuan dan arah pembangunan politik dan demokrasi tersebut. Di sisi lain, jadwal Pilkada yang begitu padat, mulai dari persiapan sampai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan dan penetapannya nanti, mengharuskan segenap penyelenggara Pilkada ini untuk dapat bekerja keras dengan penuh perhatian dan ketelitian. Berbagai aturan main sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku harus benar-benar dipahami secara komprehensif. “Dalam kaitan ini, yang ingin saya tekankan bahwa tanggung jawab menyukseskan Pilkada ini bukan hanya menjadi tugas KPU, melainkan menjadi tanggung jawab bersama antara KPU, pemerintah, parpol, dan seluruh elemen masyarakat pada umumnya. Sukses Pilkada yang kita hajatkan paling tidak akan tercermin pada pelaksanaan Pilkada yang Luber dan Jurdil, berlangsung dalam suasana kondusif, serta menghasilkan kepala daerah yang berkualitas, mampu mengemban amanah dan aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Bahkan Ia berharap, Pilkada sebagai pesta demokasi dapat berlangsung sebagaimana layaknya sebuah pesta, dengan suasana riam remo sebagai ciri khas Tau Samawa. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sedapat mungkin meminimalisir terjadinya golput (tidak menggunakan hak pilih). “Launching Pilkada Sumbawa 2020 ini penting bagi kita, karena menjadi momentum bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk memilih kepala daerah secara massif yang terorganisir dan terstruktur,” ungkapnya.

Karenanya, seluruh elemen masyarakat perlu memahami berbagai aturan yang terkait dengan Pilkada tersebut. Dengan pemahaman aturan secara baik, dibarengi niat dan i’tikad untuk membangun daerah dan bangsa, Bupati yakin akan mampu melaksanakan amanah untuk menyelenggarakan Pilkada sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pilkada yang bersih dan bebas dari korupsi serta efisien dan efektif. (JEN/SR)

Lihat Juga

Wagub NTB Tanam Pohon di Teluk Bima

BIMA, SR (8/12/2019) Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama Bupati Kabupaten Bima, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *