Home / MATARAM / Dibuka Beasiswa NTB Tujuan China, LPP dan Dikbud Provinsi Gencar Sosialisasi

Dibuka Beasiswa NTB Tujuan China, LPP dan Dikbud Provinsi Gencar Sosialisasi

SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2019)

Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB (LPP-NTB) kembali membuka kesempatan untuk mengikuti seleksi program beasiswa pendidikan luar negeri, khususnya S1 tujuan China. Hal ini terungkap dalam Roadshow Sosialisasi Beasiswa NTB yang digelar LPP bekerjasama dengan Dikbud Provinsi NTB di SMA Islam Terpadu (SMAIT) Samawa Cendekia, Jum’at (14/11). Dalam roadshow yang dihadiri Gubernur NTB ini, Imanuella Andilolo selaku Ketua Divisi Kerjasama LPP menjelaskan perihal program tersebut di depan 300 peserta yang terdiri dari Kepala SMA dan siswa SMA se-Kabupaten Sumbawa. Melalui skema beasiswa kategori B (Partial Funding) pemerintah membiayai sebagian pembayaran bagi penerima beasiswa yang dinilai layak. Dalam hal ini, LPP NTB bekerjasama dengan Pemprov NTB dan Dinas Dikbud NTB membiayai dana keberangkatan dan administrasi bagi penerima beasiswa dan membebaskan SPP setiap tahunnya dengan syarat dan kondisi tertentu setiap universitas.

Ima—sapaan akrab wanita enerjik berkacamata ini menjelaskan, pola rekrutmen dan skema pembiayaan hingga profil pembiayaan ketiga universitas yang menjadi tujuan beasiswa. Termasuk beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar beasiswa di antaranya, ijazah SMA dan SKHUN asli, terjemahan Bahasa Inggris Ijazah SMA dan SKHUN oleh penerjemah bersumpah. Terjemahan nilai Rapor dari Kelas 1-3, surat rekomendasi 2 buah (rekomendasi dari Kepala Sekolah/Wali kelas/Guru), Rencana Studi S1 (penjabaran jurusan yang diinginkan dengan Bahasa Inggris), surat pernyataan orang tua, Passport (jika ada), Sertifikat Bahasa (TOEFL/IELTS/TOEIC) jika ada, Curriculum Vitae (Bahasa Inggris). “Untuk kriteria seleksi tahap sekolah dapat menyeleksi sepuluh siswa dengan mensyaratkan surat pernyataan kesanggupan biaya dari orangtua, usia minimal 17 tahun dengan prestasi sepuluh besar atau berprestasi dengan keahlian dasar Bahasa Inggris serta memiliki pengalaman organisasi,” beber Ima.

Sementara itu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berharap banyak anak-anak di NTB memiliki pengalaman internasional. Karena itu pemerintah daerah memfasilitasi semua karena banyak hal yang bisa dipelajari di negara lain termasuk Cina. “Saya sangat mendukung program LPP NTB, semoga semakin banyak lagi anak-anak NTB yang kita kirim ke luar negeri,” ungkap Gubernur.

Selain itu Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini juga memberikan kesempatan kepada anggota DPRD Sumbawa dapat menggunakan aspirasinya memilih calon dari Dapil masing-masing untuk disekolahkan keluar Negeri. Ini agar anggota dewan tidak terlalu mengutamakan program yang bersifat fisik, tetapi juga tetap menjalankan proyek yang bersifat non fisik.

Untuk diketahui, selain Gubernur NTB, Roadshow Sosialisasi Beasiswa NTB ini dihadiri Kadis Dikbud Provinsi NTB, Rusman, SH MH yang terus membersamai hingga akhir kegiatan. Sedangkan dari Tim LPP NTB dihadiri langsung Ketuanya, Irwan Rahadi M.Sc didampingi Immanuela Andilolo M.Sc serta Staf LPP, Asma dan Tia. Sosialisasi tersebut berlangsung lancar dan penuh antusias para peserta dengan dipandu Tim Dikbud Provinsi NTB, Aryanti Dwiyani M.Pd.  (JEN/SR)

Lihat Juga

Hasil Lab Negatif, 1 PDP Asal Sumbawa Sembuh dan Sehat

LIPUTAN KHUSUS JUMPA PERS GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN SUMBAWA SUMBAWA BESAR, SR (31/3/2020) Setelah ...

One comment

  1. Bagaimana cara mendaftar? Saya insyaAllah lulus SMA tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *