Home / Pemerintahan / Tiga Badan Publik di Sumbawa Terima Penghargaan DBIP 2019

Tiga Badan Publik di Sumbawa Terima Penghargaan DBIP 2019

SUMBAWA BESAR, SR (12/11/2019)

Desa Hijrah Kecamatan Lape, SMAN 1 Sumbawa dan Puskesmas Unit II Sumbawa, berhasil meraih penghargaan Benderang Informasi Publik dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat pada gelaran Gebyar DBIP di Ballroom Hotel Lombok Raya, Mataram, Kamis (7/11). Penghargaan yang diterima tiga badan public di Kabupaten Sumbawa tersebut diberikan secara langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB saat Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi (Jangzulmi) edisi spesial Gebyar DBIP yang disaksikan tidak kurang dari seribu lima ratus peserta terdiri dari kepala desa, kepala sekolah, kepala puskesmas, camat, dan PPID Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Penghargaan Benderang Informasi Publik ini diberikan kepada Desa dan Unit Layanan Dasar Bidang Pendidikan dan Kesehatan atas beberapa kriteria penilaian. Antara lain memiliki kelembagaan PPID yang dibuktikan dengan SK PPID, memiliki website yang aktif untuk mengumumkan informasi public dan terlibat aktif dalam kegiatan PPID Kabupaten/Kota.

Ketua KI NTB, Hendriadi SE ME dalam laporannya mengatakan, kegiatan Gerakan Bersama Layanan Dasar dan Desa menuju Benderang Informasi Publik (Gebyar DBIP) merupakan puncak dari seluruh kegiatan yang dilakukan KI NTB. Kegiatan ini menghadirkan tidak kurang dari 1.500 Badan Publik se-NTB, yang terdiri dari 303 kepala sekolah, 158 kepala Puskesmas dan 1.100 kepala desa dan lurah.

Menurutnya, Gebyar DBIP ini dihajatkan untuk membumikan informasi public sampai ke desa, sekolah dan puskesmas yang menjadi unit layanan terdepan dalam rangka mencapai visi kesejahteraan yang sedang dibangun bersama di NTB. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi penguat untuk semakin mendorong keterbukaan informasi publik di NTB.

Adapun nama desa lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa yaitu, Desa Rupe Kecamatan Langgudu (Kabupaten Bima), Kelurahan Rite Kecamatan Mpunda (Kota Bima), Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada (Kabupaten Lombok Barat), Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang (Kabupaten Lombok Tengah) dan Desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Selain itu Desa Sori Sakolo, Kecamatan Dompu (Kabupaten Dompu), Desa Gondang (Kabupaten Lombok Utara), Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, dan Kelurahan Dasan Agung Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram.

Sementara Sekolah yang mendapatkan penghargaan di antaranya SMKN 1 Woha Kabupaten Bima, SMAN 1 Kota Bima, SMAN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat, SMAN 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah, SMAN 2 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, SMKN 1 Dompu, SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara, SMKN 1 Selong Kabupaten Lombok Timur, dan SMAN 5 Mataram. Sedangkan Puskesmas yang mendapatkan penghargaan yaitu, Puskesmas Palibelo Kabupaten Bima, UPT. Puskesmas Penanae Kota Bima, Puskesmas Gerung Kecamatan Gerung, Puskesmas Batunyala, Puskesmas Taliwang, Puskesmas Dompu Barat Kecamatan Woja, Puskesmas Senaru, Puskesmas Denggen Kecamatan Selong dan Puskesmas Cakranegara. (SR)

Lihat Juga

Gerakan NTB Hijau di Sumbawa, Gubernur Kucurkan Bantuan Miliaran Rupiah

Serahkan Bibit Rakyat 394.250 Batang SUMBAWA BESAR, SR (12/12/2019) Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *