Home / Ekonomi / Penataan Pantai Jelenga Butuh Sentuhan Semua Pihak

Penataan Pantai Jelenga Butuh Sentuhan Semua Pihak

SUMBAWA BARAT, SR (11/11/2019)

Pantai Jelenga memiliki keindahan yang mampu memanjakan mata dan memuaskan hati. Hamparan pantainya yang luas, airnya yang jernih dan juga ombaknya yang menggulung cocok sekali untuk wisatawan yang suka Surfing. Tak heran saat ini Pantai Jelenga menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk surfing apabila berkunjung ke Sumbawa Barat. Namun keindahan yang disuguhkan Pantai Jelenga masih membutuhkan sentuhan tangan semua pihak untuk mendukung kemajuan pantai tersebut. Salah satunya jalan alternatif lain. Pasalnya jalan saat ini melintasi tengah kampung. Apabila ada acara hajatan masyarakat sekitar, sudah tidak ada jalan lain yang bisa dilalui selain menunggu acara tersebut selesai. Kemudian sarana prasarana, dan yang paling penting adalah kesadaran masyarakat terhadap wisata.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Ketua Pokdarwis Alam Asri Pantai Jelenga, Jibrata Utama Arsya mengatakan, untuk memajukan wisata Pantai Jelenga harus didukung semua pihak baik itu masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lain yang memiliki tanggung jawab sama dalam upaya mensejahterakan masyarakat. “Saat ini kami terus malakukan koordinasi ke semua pihak dalam upaya kemajuan Pantai Jelenga supaya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Alhamdulillah niatan kami disambut baik oleh pemerintah desa dengan memberikan lahan seluas 70 Are di bibir pantai untuk kami kelola. Setelah kami mendapatkan ijin pengelolaan tanah dari desa kami melakukan kordinasi dengan Perusahaan Tambang yaitu AMNT,” katanya.

Pihak AMNT merespon positif niat Pokdarwis memajukan wisata Pantai Jelenga. Beberapa kali dilakukan diskusi untuk memantapkan konsep yang akan digunakan. Sebab pola AMNT dan PTNNT berbeda dalam memberikan bantuan. AMNT lebih kepada pemberdayaan yang bersifat berkelanjutan, sehingga Pokdarwis dibantu dana sebesar Rp 280 juta dalam bentuk bangunan seperti homestay, restoran, kursi pantai, dan paying. Pokdarwis juga mendapat pendampingan dari AMNT. “Target kami sebelumnya meningkatkan tingkat pengunjung domestik tapi kami memiliki kendala kurangnya sarana prasarana pendukung lainnya untuk menambah aktivitas pengunjung seperti Banana Boat, dan jenis permainan laut lainnya, sehingga bisnisnya tidak lancar,” akunya.

Ia berharap kondisi ini menjadi perhatian pemerintah agar dengan sarana prasarana yang lengkap membuat wisatawan lokal banyak pilihan dalam berwisata. Selain wisatawan lokal, targetnya juga wisatawan mancanegara. Karena itu keberadaan homedstay dan restaurant sangat dibutuhkan. “Kami hanya punya satu homestay yang selalu terisi oleh turis. Karena hanya satu homestay sehingga restorannya tidak bisa jalan. Jadi kami berupaya untuk menambah homestay dan alhamdulillah berkat bantuan Pak Wakil Bupati Fud Syaifuddin yang melobi ke pusat akhirnya kami mendapatkan 5 homestay dari pemerintah pusat. Kami yakin dengan 6 homestay, restoran akan bisa berjalan, karena saat ini banyak kami tolak permintaan turis karena keterbatasan Homestay,” ungkapnya.

Di bagian lain, Jibrata menyebutkan kebutuhan lainnya. Adalah jalan alternative yang bisa langsung menjangkau pantai. Karena jalan yang ada sekarang melintasi tengah-tengah kampung. Ketika ada kegiatan masyarakat jalan itu ditutup sehingga tidak ada akses menuju lokasi wisata tersebut. “Saat ini kami telah melakukan pertemuan agar dapat membebaskan tanah masyarakat untuk pembangunan jalan dan semuanya setuju, kecuali satu orang yang bersikeras tidak mau memberikannya sehingga pembangunan jalan sulit dilakukan,” ujarnya.

Memang diakui Jibrata, menyadarkan masyarakat akan pentingnya wisata menjadi tantangan. Sebab masyarakat cenderung menginginkan yang praktis dan masih minim yang mau merintis. “Penyadaran kepada masyarakat akan terus kami lakukan karna masyarakat bagian terpenting untuk kemajuan wisata Pantai Jelenga,” pungkasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

Bima Dilanda Hujan Deras dan Puting Beliung

BIMA, SR (12/12/2019) Hujan deras disertai angin puting beliung Kamis (12/12) siang tadi di Kecamatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *