Home / HukumKriminal / Palsukan SK Honorer untuk Anak, Seorang Ayah Ditangkap Polisi

Palsukan SK Honorer untuk Anak, Seorang Ayah Ditangkap Polisi

LOMBOK TIMUR, SR (7/11/2019)

Tim Gabungan Resmob, Unit Pidum dan Unit Tipiter Satreskrim Polres Lombok Timur menangkap tiga orang yang diduga sebagai pelaku pemalsuan SK Honorer di lingkungan Dinas Pariwisata Lotim, Kamis (7/11) siang. Ketiga orang memiliki peran yang berbeda. TR (53) warga Lenek Lotim sebagai pelaku utama yang memesan dan menyuruh membuat SK Honorer tersebut. Kemudian SR (27) warga Aikmel Utara Lotim adalah pembuat SK, dan FR (26) warga Labuhan Haji Lotim, selaku pemilik percetakan. Namun untuk sementara SR dan FR masih berstatus saksi.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol H Purnama SIK, menuturkan modus operandinya, bahwa TR memalsukan SK Pegawai Honorer Daerah atas nama anak kandungnya sendiri dengan cara mencontoh SK asli untuk kemudian dibawa ke percetakan dengan bantuan SR sebagai editor. Setelah SK tersebut selesai dikerjakan lalu dicetak dan distempel atas nama Bupati Lombok Timur. Kejadian ini terungkap berawal dari kecurigaan dari Dinas Pariwisata tentang adanya SK pengangkatan pegawai Honor Daerah. Dinas Pariwisata pun menghubungi dan mengkonfirmasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lombok Timur untuk memastikan kebenaran SK tersebut. Pihak BKD mengaku tidak pernah mengeluarkan SK Honor Daerah di lingkungan Dinas Pariwisata. Dengan kejadian tersebut BKD dan Dinas Pariwisata melaporkan kejadian tersebut ke Polres Lotim dengan membawa SK yang diduga palsu tersebut.

Atas laporan itu, tim menangkap TR di rumahnya. Hasil pengembangan terungkap percetakan tempat diterbitkan atau dibuat SK Palsu. Selain itu polisi juga mengamankan barang bukti selembar SK Pengangkatan Pegawai Honor Daerah di Lingkungan Dinas Pariwisata Lombok Timur (yang diduga palsu), 1 set komputer yang digunakan untuk mengedit SK palsu, dan 1 unit printer yang digunakan mencetak SK palsu. (SR)

Lihat Juga

Dua Orang Kakek Setubuhi Bocah SD

SUMBAWA BESAR, SR (7/11/2019) Sungguh malang nasib yang dialami Y. Bocah SD yang berumur 13 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *