Home / Ekonomi / Atasi Kekeringan, AMNT Distribusi Air Bersih dan Pengadaan Tandon

Atasi Kekeringan, AMNT Distribusi Air Bersih dan Pengadaan Tandon

SUMBAWA BARAT, SR (7/11/2019)

Dampak kemarau panjang di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sampai saat ini masih belum berakhir. Sebab sejumlah daerah masih mengeluhkan kekurangan air bersih seperti Desa Sekongkang Atas, Sekongkang Bawah, Kemuning, dan Tatar Kecamatan Sekongkang. Melihat kondisi tersebut, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) turun tangan. Perusahaan tambang emas dan tembaga raksasa ini mendistribusikan air bersih sebanyak 3000 liter setiap harinya.

Ditemui SAMAWAREA, Ir H Syarafuddin Jarot selaku Senior Manager Social Responsibility Amman Mineral mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap masyarakat PTAMNNT setiap harinya melakukan distibusi air bersih sebanyak 25.000–35.000 liter ke masyarakat Sekongkang yang terkena dampak kekeringan akibat kemarau panjang. “Bukan hanya air bersih, perusahaan kami juga membagikan tandon sebanyak 10 buah ke masing masing RT sebagai tempat penampungan air bersih. Ada juga tandon yang disediakan di masing-masing desa sehingga totalnya 20 tandon yang diisi setiap harinya oleh mobil tangki dari perusahaan,” ungkap Haji Jarot.

Kerjasama ini kata Haji Jarot, terus terjalin baik dengan masyarakat karena pihak perusahaan tidak pernah menutup diri terhadap persolan masyarakat salah satunya bencana kekeringan saat ini. “Pak Kades selalu komunikasi dengan kami meminta untuk didistribusikan air. Makanya kami hadir di tengah tengah kesulitan masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, kata Haji Jarot, pendistribusian air bersih ini sudah berjalan sekitar satu bulan secara terus menerus. Meski disadari bantuan tersebut tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga  masyarakat. Seperti mandi 3 kali sehari. Karena itu Ia menghimbau masyarakat untuk tidak menggunakan air secara berlebihan. “Prinsipnya kebutuhan air untuk kebutuhan pokok seperti minum dan masak bisa terpenuhi dengan bantuan air itu,” imbuhnya.

Sebenarnya antisipasi kekeringan ini sudah diupayakan. Sebab sebelumnya sudah diberikan bantuan sumur dalam. Tapi karena sistemnya beralih ke sistem gravitasi sehingga sumurnya tidak terawatt. Ke depan Sumur Dalam ini diperbaiki dan dipelihara agar masyarakat bisa memanfaatkan sumur saat-saat kemarau panjang seperti ini.

Sementara Kepala Desa Sekongkang Atas, Muhammad Saleh menyampaikan terimakasih kepada Amman Mineral yang telah membantu masyarakatnya yang selama ini kesulitan air bersih dampak dari kekeringan berkepanjangan. “Ini menunjukkan komitmen PT Amman melanjutkan program PT Newmont sebelumnya yang respon cepat terhadap persoalan masyarakat, seperti bencana kekeringan ini,” ucapnya.

Diakui Saleh, desa melalui APBDes telah membeli tandon untuk kebutuhan masyarakat. Namun ketersediaan tendon yang dibeli desa ini masih kurang, pihaknya mengajukan permohonan bantuan kepada PT AMNT yang langsung direspon dan direalisasikan. “Semoga jalinan komunikasi seperti ini selalu terjaga untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Progress Smelter Sesuai Rencana, AMNT Diminta Maksimal Serap Tenaga Lokal

MATARAM, SR (6/11/2019) Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *